“SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI KEHADIRAN MAHASISWA MENGGUNAKAN FINGERPRINT CLIENT SERVER TERHADAP KEPUTUSAN UJIAN AKHIR SEMESTER” (STUDI KASUS PADA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NUKLIR (STTN))

RIDHLA, Muhammad Abidzar Rasyid (2020) “SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI KEHADIRAN MAHASISWA MENGGUNAKAN FINGERPRINT CLIENT SERVER TERHADAP KEPUTUSAN UJIAN AKHIR SEMESTER” (STUDI KASUS PADA SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NUKLIR (STTN)). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160101051.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (913kB)

Abstract

SISTEM INFORMASI MONITORING DAN EVALUASI KEHADIRAN MENGGUNAKAN FINGERPRINT CLIENT SERVER TERHADAP
KEPUTUSAN UJIAN AKHIR SEMESTER
Oleh:
Muhammad Abidzar Rasyid Ridhla
160101051
Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir merupakan merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan program Diploma 4 (setara S1 ) yang diselenggarakan oleh BATAN. Sistem monitoring dan evaluasi kehadiran di Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir merupakan kebutuhan yang sangat diperlukan dalam melakukan proses pengambilan keputusan. Proses mengisi kehadiran setiap mahasiswa diwajibkan mengisi buku presensi setiap mata kuliah dengan tanda tangan, setelah mengisi buku tersebut akan diserahkan ke dosen dan akan dikembalikan ke tempat buku presensi (bagian akademik) agar menghindari terjadinya kehilangan maupun kerusakan. Terdapat beberapa fungsi kehadiran antara lain seperti untuk ujian akhir semester(UAS), penilaian setiap mata kuliah dan akreditasi. Oleh sebab itu dibutuhkan Monitoring dan evaluasi menggunakan fingerprint, yang digunakan untuk menunjang dalam pembelajaran dan dapat memonitoring serta mengevaluasi kehadiran mahasiswa secara otomatis.
Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode pengembangan sistem waterfall yang meliputi analisis dan definisi persyaratan, perancangan sistem, implementasi, pengujian sistem, operasi dan pemeliharaan. Alat bantu perancangan menggunakan UML (Unified Modelling Language). Menggunakan database MySQL dengan bahasa pemrograman PHP dan Laravel. Analisis kelemahan sistem menggunakan PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service).
Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah sistem informasi monitoring dan evaluasi kehadiran menggunakan fingerprint client server terhadap keputusan ujian akhir semester yang terdiri dari data master, import data, dan laporan. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan pengujian black box.

Kata kunci : Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi, Fingerprint, Laravel

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 10 Jun 2021 20:33
Last Modified: 10 Jun 2021 20:33
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/270

Actions (login required)

View Item View Item