SISTEM INFORMASI MONITORING DAN KONTROL BAHAN BAKU UNTUK PROSES PRODUKSI (STUDI KASUS WANDI MEBEL GUNUNGKIDUL DI GUNUNGKIDUL)

ALHAKIM, Arif (2020) SISTEM INFORMASI MONITORING DAN KONTROL BAHAN BAKU UNTUK PROSES PRODUKSI (STUDI KASUS WANDI MEBEL GUNUNGKIDUL DI GUNUNGKIDUL). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160101116.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (607kB)

Abstract

SISTEM INFORMASI MONITORING DAN KONTROL BAHAN BAKU UNTUK PROSES PRODUKSI (STUDI KASUS WANDI MEBEL GUNUNGKIDUL DI GUNUNGKIDUL)
Oleh ;
Arif Alhakim
160101116

Wandi Mebel Gunungkidul merupakan sebuah unit usaha yang bergerak diindustri mebel. Wandi Mebel Gunungkidul mengerjakan berbagai jenis mebel seperti daun pintu, daun jendela, kusen rumah, dan furniture perlengkapan rumah. Sistem yang saat ini berjalan di Wandi Mebel Gunungkidul masih melakukan pencatatan pada kertas sebatas pesanan mebel yang masuk dan belum ada pencatatan bahan baku, sehingga tidak ada data bahan baku. Dengan seperti itu maka ketika bahan baku masuk tidak dapat di monitoring dan ketika bahan baku digunakan tidak ada kontrol dalam pemakaian bahan baku. hal ini bisa menimbulkan masalah seperti terhambatnya produksi karena bahan baku yang akan digunakan tidak tersedia. Hal ini tentu akan menimbukan masalah dikemudian hari apabila belum diperbaiki, seperti kekurangan bahan baku atau kesalahan dalam menyiapkan persediaan bahan baku karena informasi atau laporan yang salah.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membaginya menjadi dua yaitu untuk yang pertama adalah metode pengambilan data tedapat observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall, terdapat analisa kebutuhan dengan menggunakan analisa pieces, dimana terdapat workflow sistem, use case diagram, activity diagram,Sequence diagram dan terakhir adalah testing yang menggunkan teknik black box
Kesimpulan dari sistem yang dibangun adalah untuk memudahkan dalam pendataan bahan baku, dari bahan baku yang masuk dan bahan baku yang digunakan untuk produksi.

Kata Kunci : Informasi, Sistem, Monitoring, Kontrol, Bahan Baku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 14 Jun 2021 20:20
Last Modified: 14 Jun 2021 20:20
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/297

Actions (login required)

View Item View Item