Sistem Informasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jatipurno Kabupaten Wonogiri

APRILLIA, Fery (2020) Sistem Informasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jatipurno Kabupaten Wonogiri. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
LAPORAN SKRIPSI SISTEM INFORMASI BIMBINGAN KONSELING.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK

SISTEM INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING
DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 JATIPURNO KABUPATEN WONOGIRI

Oleh
FERY APRILLIA
160101239

Data mengenai pelayanan Bimbingan dan Konseling sekolah sangatlah penting. Pada umumnya di banyak sekolah membuat data Bimbingan dan Konseling belum sepenuhnya terkomputerisasi, tidak terkecuali yang terjadi pada SMP Negeri 1 Jatipurno. Data tersebut mencakup data siswa, data pelanggaran siswa, dan data prestasi siswa. Penggolahan data bimbingan konsling di SMP Negeri 1 Jatipurno masih dilakukan manual, yaitu dengan pencatatan data menggunakan buku besar, sehingga pengolahan data tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Terkadang ada kesalahan pencatatan data, dan data yang tersimpan mudah rusak. Padahal untuk pengolahan data dan dokumentasi BK disuatu instansi diperlukan ketelitian dan ketepatan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Jatipurno. Metode pengembangan sistem menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) yang terdiri dari tahapan perencanaan sistem, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, dan pemeliharaan sistem. pengembangan sistem dibangun menggunakan bahasa pemograman Microsoft Visual Basic.Net 2015 dan SQL sebagai database servernya. Hasil dari penelitian ini berupa perangkat lunak aplikasi sistem informasi bimbingan konseling yang dapat mencatat data siswa, data prestasi, dan data pelanggaran siswa. Sehingga selama masa studi di sekolah perkembangan siswa dapat terkontrol dengan baik.
Pengujian sistem menggunakan metode black box testing yang dilakukan menghasilkan program dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, bahwa proses input data tidak akan ada yang sama karena sistem tidak akan memproses jika data tersebut sudah terdaftar dalam database.

Kata Kunci : Sistem, informasi, bimbingan, konseling, visual basic.net, SQL, Pengujian black box

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 26 Jun 2020 02:28
Last Modified: 26 Jun 2020 02:28
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item