SISTEM INFORMASI INVENTORI GUDANG DENGAN FITUR BARCODE (Studi Kasus :Bagian Gudang, Pt.Cozmeed Indonesia)

ASTONO, Erwin Dwi (2020) SISTEM INFORMASI INVENTORI GUDANG DENGAN FITUR BARCODE (Studi Kasus :Bagian Gudang, Pt.Cozmeed Indonesia). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Reposity_160101191.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (705kB)

Abstract

PT.Cozmeed Indonesia merupakan salah satu instansi yang pada divisi gudang barang jadi yang pengelolaan asset barangnya masih semi terkomputerisasi.Dari proses pengecekan barang produksi baru masih menggunakan penulisan di buku barang datang dan barang keluar, serta sering terjadi ketidak valid an kode barang return barang reseller, maka terkadang menimbulkan pekerjaan yang memakan waktu lama karna perlu penulisan barang datang baru dengan pencatatan dan penerimaan barang return dengan proses pencatataan juga.Dan pada akhirnya stock gudang timbul kerancuan update stock barang di gudang.Penulis merancang dan membangun sistem informasi inventory gudang berbasis web menggunakan fitur barcode serta alat bantu perancangan menggunakan.Metodologi pengembangan sistem yang digunakan Data Flow Diagram (DFD) Diagram Alur Data. Bahasa pemrograman menggunakan PHP dan MySQL sebagai pengelola basis data.

Metode analisis dalam penelitian yang digunakan adalah PIECES untuk menganalisis sistem yang berjalan dan yang akan dikembangkan. Serta, model perancangannya menggunakan flowchart dan Data Flow Diagram (DFD). Menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pengolah basis datanya. Pengujian sistem ini menggunakan dua jenis pengujian diantaranya black box (menggunakan kuesioner).

Hasil dari penelitian ini adalah pembuatan aplikasi sistem informasi inventory gudang pt.cozmeed Indonesia yaitu staff gudang dapat memproses barang masuk dan barang keluar dengan alat scanner, serta staff inventory dapat memproses permintaan barang dari karyawan online,distribusi,markom dengan satu pintu.

Kata Kunci : Inventaris, Data Flow Diagaram , pemindai barcode, website.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 02 Aug 2021 07:05
Last Modified: 02 Aug 2021 07:05
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/336

Actions (login required)

View Item View Item