SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIM-NIKAH) KECAMATAN BATURETNO BERBASIS ANDROID

ARDANY, Habib (2020) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN NIKAH (SIM-NIKAH) KECAMATAN BATURETNO BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository 160101194.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (640kB)

Abstract

Sistem pendaftaran nikah dan rujuk di KUA Kecamatan Baturetno masih mengharuskan calon pengantin datang ke KUA untuk melakukan pendaftaran kemudian kembali lagi ke KUA untuk melihat informasi jadwal dan pengumpulan berkas persyaratan nikah ataupun rujuk. Kemudian dalam proses penyampaian informasi, jadwal dan persyaratan lainnya, pihak KUA kurang efektif dalam penyampaiannya. Hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama bagi calon pengantin untuk mendaftar, sehingga proses pelayanan menjadi kurang maksimal karena calon pengantin harus sering datang ke KUA untuk mengetahui perkembangan proses pendaftarannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Berbasis Android menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySQL dan metode pendekatan Waterfall. Metode pengumpulan data yaitu metode wawancara, metode observasi dan metode pustaka. Metode analisis kelemahan sistem menggunakan PIECES. Sebagai alat analisis dan desain sistem yaitu flowchart, UML (Unified Moddeling Languange), dan ERD (Entity Relationship Diagram). Software yang digunakan sublime text 3 sebagai editor text, mozila firefox sebagai browser dan android studio sebagai tool pembuat aplikasi.
Hasil dari penelitian ini berupa Sistem Informasi Manajemen Nikah (SIMKAH) Berbasis Android untuk membantu pelayanan pencatatan nikah dan rujuk, dari mulai pendaftaran sampai tahap pengeluaran jadwal, laporan dan informasi yang berkaitan dengan teknis pelayanan bagi pihak KUA Kecamatan Baturetno serta membuat calon pengantin lebih mudah untuk mendaftar maupun melihat pelayanan yang diberikan oleh pihak KUA Kecamatan Baturetno.

Kata kunci : SIMKAH, KUA, Jadwal, Nikah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 02 Aug 2021 07:14
Last Modified: 02 Aug 2021 07:14
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/337

Actions (login required)

View Item View Item