APLIKASI AUGMENTED REALITY VISUALISASI TOPOLOGI JARINGAN UNTUK INSTALASI LAYANAN TELKOM AKSES MENGGUNAKAN METODE MARKER-BASED TRACKING

YOSUA, - (2020) APLIKASI AUGMENTED REALITY VISUALISASI TOPOLOGI JARINGAN UNTUK INSTALASI LAYANAN TELKOM AKSES MENGGUNAKAN METODE MARKER-BASED TRACKING. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Repository_160101226.pdf] Text
Repository_160101226.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (532kB)

Abstract

PT. Telkom Akses merupakan salah satu anak perusahaan PT. Telekomunikasi Indonesia yang bergerak di bidang layanan konstruksi dan pengelolaan infrastruktur jaringan. Sebagai salah satu perusahaan penyedia jaringan terbesar di Indonesia, PT. Telkom Akses bertanggung jawab atas instalasi dan perawatan jaringan di lokasi konsumen. Keanekaragaman medan menjadi salah satu kendala bagi teknisi yang ingin melakukan pemasangan atau perbaikan jaringan di rumah pelanggan, ditambah dengan minimnya pengetahuan teknisi akan lokasi penempatan dan berbagai topologi jaringan. Pemasangan jaringan yang sembarangan dan tidak sesuai dengan prosedur dapat mengakibatkan masalah jaringan di kemudian hari. Masalah lain yang timbul akibat hal tersebut adalah terbatasnya ketersediaan literasi baik dari sisi perusahaan maupun secara daring, sehingga teknisi kesulitan mendapatkan tambahan pengetahuan yang diperlukan dalam pengerjaan di lapangan mengakibatkan terhambatnya pemasangan jaringan fiber optik yang berimbas pada penurunan nilai performansi masing-masing teknisi. Dari uraian permasalahan di atas, solusi yang dikembangkan adalah membuat aplikasi panduan jaringan berbentuk tiga dimensi Augmented Reality pemasangan jaringan fiber optik, karena teknologi Augmented Reality dinilai lebih efektif daripada gambar statis. Selain itu teknologi Augmented Reality memungkinkan user berinteraksi dengan modelnya.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan peneliti dibagi menjadi dua bagian, yang pertama adalah metode untuk pengumpulan data terdiri dari studi pustaka dan observasi. Yang kedua yaitu metode pengembangan system dengan menggunakan MDLC atau Multimedia Development Life Cycle terdiri dari konsep, perancangan, pengumpulan materi, penyusunan, pengujian, dan penyebarluasan. Dan yang terakhir untuk pengujian system menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada beberapa responden.
Kesimpulan dari pengembangan aplikasi Augmented Reality jaringan berbasis metode marker menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat membantu teknisi untuk mendapatkan informasi tambahan dalam pemasangan jaringan di lokasi pelanggan sehingga jaringan dapat dipasang sesuai prosedur dan dapat meningkatkan performansi masing-masing teknisi.
Kata kunci : Augmented Reality, Marker-based Tracking, Topologi jaringan, MDLC, Android

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 03 Aug 2021 04:47
Last Modified: 03 Aug 2021 04:47
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/353

Actions (login required)

View Item
View Item