SISTEM INFORMASI PENGAGENDAAN SURAT KELUAR MASUK PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN WONOGIRI

UTOMO, Cahyo Putro (2020) SISTEM INFORMASI PENGAGENDAAN SURAT KELUAR MASUK PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN DESA KABUPATEN WONOGIRI. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160101231.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (688kB)

Abstract

Proses pencatatan dan pengagendaan surat keluar masuk pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Wonogiri dikerjakan secara dokumen manual, yaitu menggunakan kartu kendali masuk, kartu kendali keluar dan lembar disposisi yang berupa kertas. Sehingga dalam pengagendaan surat keluar masuk tersebut sering terjadi kekeliruan terutama dalam penomoran surat dikarenakan proses pembuatan surat belum terkomputerisasi, sehingga menyebabkan terjadinya kesalahan pencatatan nomor surat baik surat masuk maupun surat keluar. Selain itu juga terjadi kesulitan dalam pencarian data saat terjadi pemeriksaan administrasi kesekretariatan yang dilakukan oleh Inspektorat maupun Badan Kepegawaian Daerah dikarenakan tidak ada pengagendaan khusus yang menanganinya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun Sistem Informasi Pengagendaan Surat Keluar Masuk di Dinas PMD Kab. Wonogiri. Metode pengembangan sistem menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) yang terdiri dari tahapan perencanaan sistem, analisis sistem, perancangan sistem, implementasi sistem, dan pemeliharaan sistem. pengembangan sistem dibangun menggunakan bahasa pemograman Microsoft Visual Basic.Net 2015 dan SQL sebagai database servernya. Hasil dari penelitian ini berupa perangkat lunak aplikasi sistem informasi pengagendaan surat keluar masuk yang dapat membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pihak perusahaan dalam hal pengolahan data pengagendaan surat keluar masuk dapat terkontrol dengan baik.
Pengujian sistem menggunakan metode black box testing yang dilakukan menghasilkan program dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan, bahwa proses input data tidak akan ada yang sama karena sistem tidak akan memproses jika data tersebut sudah terdaftar dalam database.

Kata Kunci : Sistem, informasi, pengagendaan, surat, visual basic.net, SQL, Pengujian black box

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 03 Aug 2021 05:06
Last Modified: 03 Aug 2021 05:06
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/357

Actions (login required)

View Item View Item