SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS WEB PADA PDAM BANYUTOWO DESA KERON LOR WONOGIRI

AJI, Saddam (2020) SISTEM INFORMASI PELAYANAN PELANGGAN BERBASIS WEB PADA PDAM BANYUTOWO DESA KERON LOR WONOGIRI. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160101249.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (889kB)

Abstract

PDAM Banyutowo adalah Perusahaan Daerah Air Minum milik Desa Keron Lor Wonogiri yang dibangun oleh warga Keron Lor secara swadaya pada tahun 2016 dan dikelola secara mandiri. Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan , petugas PDAM Banyutowo memberikan informasi tagihan dengan mendatangi dari rumah ke rumah pelanggan terdaftar sebulan sekali.PDAM Banyutowo juga menyediakan kotak saran pada masing masing rumah untuk menampung keluhan pelanggan. Dan pengecekan jalur instalasi pipa dilakukan oleh petugas 3 bulan sekali. Dengan adanya Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan Berbasis Web pada PDAM Banyutowo Desa Keron Lor Wonogiri , pelanggan dapat menyampaikan keluhan secara online melalui website tersebut.

Metode analisis dalam penelitian yang digunakan adalah PIECES untuk menganalisis sistem yang berjalan dan yang akan dikembangkan. Serta, model perancangannya menggunakan flowchart dan Data Flow Diagram (DFD). Sistem akan dikembangkan dengan metode RAD. Menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai pengolah basis datanya.Pengujian sistem ini menggunakan dua jenis pengujian diantaranya black box dan white box (menggunakan kuesioner).

Hasil dari pengujian sistem ini adalah aplikasi dapat berjalan dengan baik dan hasil penelitian ini membantu pelanggan PDAM Banyutowo Desa Keron Lor Wonogiri dalam menyampaikan keluhannya.

Kata Kunci : Sistem , Pengaduan , Air , Website , PIECES.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 03 Aug 2021 07:31
Last Modified: 03 Aug 2021 07:31
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/366

Actions (login required)

View Item View Item