RANCANG BANGUN ISI ULANG OTOMATIS PADA STUDI KASUS CARTRIDGE TONER HP85A BERBASIS ARDUINO UNO R3

ALI, Irham (2020) RANCANG BANGUN ISI ULANG OTOMATIS PADA STUDI KASUS CARTRIDGE TONER HP85A BERBASIS ARDUINO UNO R3. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_150103043.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (869kB)

Abstract

RANCANG BANGUN ISI ULANG OTOMATIS CARTRIDGE TONER HP85A BERBASIS ARDUINO UNO R3

Oleh :
Irham Ali
150103043

Sebagian besar aktivitas perusahaan maupun badan usaha yang sedang beroperasi saat ini tidak luput dari penggunaan sebuah mesin cetak, khususnya printer dengan jenis laserjet. Printer jenis ini menggunakan serbuk toner pada cartridge yang memiliki persamaan berfungsi mencetak setiap tulisan dan gambar di kertas layaknya mesin fotocopy. Pada umumnya pengisian serbuk toner pada cartridge dilakukan dengan 2 cara, yaitu secara manual dan otomatis. Namun sebagian besar masih menggunakan cara lama atau manual untuk proses pengisian toner tersebut yang memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah tangan menjadi kotor dan kurang efisiensinya waktu untuk pengisian. Disamping itu, kandungan carbon dan zat carsinogen yang berukuran sangat kecil berkisar 14 – 16 micron sangat memungkinan terhirup dan bersifat berbahaya untuk kesehatan.

Metode pengembangan pada sistem otomatisasi cartridge toner ini dirancang menggunakan prototype. Pada metode prototype ini diimplementasikan pada sebuah box acrylic yang dikendalikan dengan 2 tahapan. Tahapan pertama memanfaatkan sensor ultrasonic, sedangkan tahapan kedua menggunakan button untuk menjalankan pengoperasian otomatis alat. Pada kedua tahapan tersebut dirancang melalui perangkat lunak Arduino IDE dan dikendalikan menggunakan Arduino Uno R3 yang tersambung dengan servo dan motor DC.

Berdasarkan hasil prototype yang telah dirancang adalah dapat beroperasinya penyerapan residu dan pengisian serbuk toner pada papan isi ulang. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian integritas, penggunaan dan kompatibilitas yang telah penulis laksanakan, maka diperoleh kesimpulan bahwa dengan prototype isi ulang otomatis cartridge toner mendapatkan respon dengan hasil yang baik dari responden. Mengenai berbagai masalah yang muncul telah diupayakan untuk dapat ditangani serta dievaluasi agar sistem dapat lebih berkembang khususnya pada pengendalian pengisian toner agar lebih efektif dan efisien dalam penggunaanya.

Kata kunci : Isi Ulang, Cartridge Toner, Otomatisasi, Arduino Uno, Prototype

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 04 Aug 2021 05:16
Last Modified: 04 Aug 2021 05:16
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item View Item