APLIKASI PANDUAN WISATA DAN UMKM KABUPATEN BOYOLALI BERBASIS MOBILE GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

ADEKURNIAWAN, M (2020) APLIKASI PANDUAN WISATA DAN UMKM KABUPATEN BOYOLALI BERBASIS MOBILE GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_150103050.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (981kB)

Abstract

APLIKASI PANDUAN WISATA DAN UMKM KABUPATEN BOYOLALI BERBASIS MOBILE GEOGRAPHIC INFORMATION SYSTEM

M Adekurniawan

150103050

Boyolali sebagi salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah yang memiliki topografi dataran rendah dengan perbukitan dan pegunungan serta dilalui jalur transportaasi nasional, menjadikan Boyolali sebagai daerah yang memiliki keuntungan sebagai daerah tujuan wisata (DTW). Selain karena lokasinya yang strategis, Masyarakat Boyolali yang memiliki berbagai Industri Kecil dan Menengah (IKM) adalah potensi yang sangat baik bagi daerah tujuan wisata.Boyolali dengan potensi-potensi yang dimiliki tersebut dapat dimaksimalkan apabila dilaksanakan suatu perencanaan spasial yang matang. Sistem Informasi Geografis merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalah keputusan spasial, dengan pemanfaatan Sistem Informasi Geografis sebagai media informasi tentang keadaan geografis, pemetaan, serta penyebaran wisata, maka Boyolali dapat mewujudkan optimalisasi dan pengembangan wisata di wilayahnya.Maka dari itu dilakukan penelitian yang berjudul “Aplikasi Panduan Wisata dan UMKM Kabupaten Boyolali Berbasis Mobile Geographic Information System”.
Metode pengembangan sistem dengan metode terstruktur dalam hal ini menggunakan metode Waterfall. Metode Waterfall merupakan metode pengembangan sistem yang bersifat sistematis, berurutan dalam membangun software yang dimana metode ini bersifat model klasik.Aplikasi dirancang menggunakan aplikasi Android Studio dan QGIS.
Berdasarkan hasil pengujian black box yang telah penulis lakukan kepada sistem yang dibangun maka diperoleh kesimpulan berupa sistem ini dapat berjalan sesuai desain dan rancangan yang dibangun.Fasilitas dan menu yang dibuat berjalan sebagaimana mestinya.Fasilitas seperti memberikan pemetaaan potensi wisata dan umkm di wilayah Kabupaten Boyolali dengan pengelompokan berdasarkan warna, petunjuk arah, dan pengajuan wisata bagi pelaku usaha dapat berjalan sesuai fungsinya.Selain itu sistem yang dibangun memberikan kesempatan bagi masyarakat luas untuk turut serta dalam pengembangan wisata dan umkm secara langsung.

Kata Kunci: GIS, Android, Boyolali, Wisata, UMKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 04 Aug 2021 05:23
Last Modified: 04 Aug 2021 05:23
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/402

Actions (login required)

View Item View Item