APLIKASI E-PASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DI PASAR IR. SOEKARNO SUKOHARJO

KURNIAWAN, Edy (2020) APLIKASI E-PASAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN RAPID APPLICATION DEVELOPMENT (RAD) DI PASAR IR. SOEKARNO SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160103015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (660kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi juga mempengaruhi sektor bisnis untuk berkembang dan mendapatkan hasil yang lebih baik, Pasar adalah salah satu kegiatan bisnis perdagangan yang tidak bisa terlepas dari kegiatan sehari-hari manusia,banyaknya pasar modern yang tumbuh dan lokasinya sangat berdekatan dengan pasar tradisional sehingga berdampak pada usaha para pedagang kecil di pasar tradisional, munculnya pasar modern menyebabkan penurunan jumlah konsumen pada pasar tradisional karena adanya pasar modern diikuti dengan adanya perubahan preferensi masyarakat dalam memilih tempat belanja. Pembuatan aplikasi E-Pasar di Pasar Ir. Soekarno Sukoharjo diharapkan konsumen (Pembeli) dapat melakukan pemesanan dan pembelian dimana saja tanpa batasan tempat dan waktu, serta tanggap akan informasi terbaru yang dibutuhkan dan juga dapat memperluas pangsa pasar.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membaginya menjadi dua yaitu untuk yang pertama adalah metode pengambilan data terdapat observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem menggunakan metode Rapid Aplication Development, terdapat analisa kebutuhan dengan menggunakan analisa fishbone,dimana terdapat workflow sistem, use case diagram, activity diagram, dan terakhir adalah testing yang menggunkan teknik black box dan pengisian kuisioner oleh pengguna.
Aplikasi ini berbasis web, pada aplikasi terdapat 3 pengguna yaitu admin, penjual, dan pembeli. Admin adalah pengelola aplikasi yang mengontrol jalanya aplikasi serta mengelola pesanan pembeli, penjual tidak mempunyai akses langsung ke aplikasi melainkan dengan perantara admin dan penjual hanya sebagai penyedia barang. Pembeli dapat mendaftar ke dalam aplikasi dan membeli suatu barang secara online, pembeli dapat mengirimkan bukti pembayaran melalui aplikasi. Serta barang dapat dikirim di beberapa wilayah di Kabupaten Sukoharjo atau barang juga bisa diambil di pasar.

Kata kunci: E-pasar, RAD, Codeigniter, Website

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 05 Aug 2021 02:40
Last Modified: 05 Aug 2021 02:40
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item