PENERAPAN SISTEM REKOMENDASI PADA RANCANG BANGUN APLIKASI START UP PENYEDIA INFORMASI EVENT

ROSIDI, Pegi Hasyim (2020) PENERAPAN SISTEM REKOMENDASI PADA RANCANG BANGUN APLIKASI START UP PENYEDIA INFORMASI EVENT. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160103028.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (629kB)

Abstract

Suksesnya sebuah Acara/Event yang diselenggarakan, akan dipengaruhi oleh banyaknya orang yang datang dan keberhasilan penjualan atau promosi produk yang dikedepankan. Start Up ini dapat menjadi media partner atau sarana promosi bagi pihak yang menyelenggarakan event. Di satu sisi penyelenggara event akan terbantu karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk promosi. Masyarakat pun juga terbantu, karena bisa memilih ingin mendatangi event yang mana, kapan, dimana serta harga tiketnya.
Penggunaan sistem rekomendasi merupakan solusi yang memungkinkan masyarakat dapat memperoleh informasi event yang diminati. Salah satu metode yang dapat digunakan pada startup ini adalah Content Based Recommendation yang merekomendasikan item ke pengguna berdasarkan deskripsi dari item tersebut kepada profil pengguna. Profil pengguna bisa didapatkan dari sejarah pengguna menggunakan aplikasi, event apa saja yang pernah pengguna datangi, atau bisa juga didapatkan dengan menanyakan langsung ke pengguna.
Aplikasi sistem rekomendasi ini memberikan rekomendasi event dengan menggunakan algoritma apriori berdasarkan kategori event yang didapatkan dari riwayat event . Minimum support yang digunakan dalam sistem adalah 80% dan minimum confidence sebesar 85% untuk memberikan hasil yang akurat.
Kata Kunci : Start Up, Event, RAD, UML, Sistem Rekomendasi, Content-Based

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 05 Aug 2021 03:21
Last Modified: 05 Aug 2021 03:21
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item