SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET WISATA PENDAKIAN GUNUNG LAWU JALUR CEMORO KANDANG BERBASIS WEB

SETIAWAN, Arif (2020) SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET WISATA PENDAKIAN GUNUNG LAWU JALUR CEMORO KANDANG BERBASIS WEB. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160103039.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (648kB)

Abstract

SISTEM INFORMASI PEMESANAN TIKET WISATA
PENDAKIAN BERBASIS ANDROID

Oleh :
Arif Setiawan
160103039

Pendakian umumnya merujuk pada perjalanan panjang yang biasanya melewati jalan kecil di area pedalaman. Di Indonesia, pendakian identik dengan perjalanan menuju suatu puncak gunung. Kegiatan ini umumnya dilakukan oleh klub-klub pecinta alam atau sebuah kelompok-kelompok tertentu. Untuk melakukan pendakian perlu adanya pembelian tiket masuk ke kawasan pendakian agar mendapat ijin dan asuransi jika terjadi kecelakaan saat pendakian, seperti yang dilakukan di jalur pendakian gunung lawu via cemoro kandang.

Dalam penelitian ini metode yang dikembangkan oleh peneliti adalah metode Prototype, dimana terdapat analisa kebutuhan, proses desain, implementasi, dan pengujian. Sedangkan, untuk pembangunan sistem informasi menggunakan bahasa pemrograman Laravel dibantu dengan tool sublime text. Sistem informasi ini dibagi menjadi tiga level user yaitu sistem informasi untuk admin, pendaki, Disparpora.

Pengujian menggunakan Black Box testing untuk menguji tampilan dan fungsi menu. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa sistem informasi dapat berjalan dengan baik sesuai dengan fungsinya. Sistem informasi ini dapat mempermudah admin dalam mengelola data check in dan check out pendaki. Serta Disparpora dapat memantau perkembangan data check in dan check out pendaki melalui sistem tersebut.

Kata kunci : sistem informasi, tiket pendakian, web, prototype, PHP.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 05 Aug 2021 04:35
Last Modified: 05 Aug 2021 04:35
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item