RANCANG BANGUN SISTEM ABSENSI MAHASISWA MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS MOBILE

AKBAR, Feriansyah Ilham (2020) RANCANG BANGUN SISTEM ABSENSI MAHASISWA MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS MOBILE. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160103099.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

RANCANG BANGUN SISTEM ABSENSI MAHASISWA
MENGGUNAKAN QR CODE BERBASIS MOBILE

Oleh :
Feriansyah Ilham Akbar
160103099

Abstrak - Pencatatan kehadiran mahasiswa saat perkuliahan berguna dalam pembanding antara keaktifan mahasiswa dengan prestasi yang diraih. Kehadiran juga dapat sebagai syarat apakah mahasiswa dapat mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS). Di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa, menggunakan dua media cetak sebagai pencatatan absensi. Media tersebut adalah Kartu Rencana Studi (KRS) dan Buku Presensi. Namun sistem tersebut memiliki kelemahan, penyimpanan yang rapuh dan adanya biaya percetakan. Dalam penelitian sebelumnya oleh Labolo, penggunaan QR Code dalam sistem absensi mahasiswa efektif dalam pencatatan absensi dan pengurangan biaya operasional. Namun, sistem tersebut berpengaruh dengan banyak mahasiswa hadir. Semakin banyak mahasiswa hadir semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk proses absensi. Ditinjau dari kemampuan QR Code yang dapat dipindai secara bersamaan, penulis mengembangkan sistem absensi mahasiswa menggunakan QR Code namun dengan pembaharuan. Pembaharuan dari sistem sebelumnya adalah mengganti aktor pemindai sebelumnya dosen menjadi mahasiswa agar dapat memindai secara bersamaan. Hal tersebut diharapkan mengurangi durasi absensi agar menjadi lebih cepat.
Sistem absensi mahasiswa ini dibuat menggunakan dua platform yaitu website dan android dimana menggunakan software Visual Code dan Android Studio sebagai text editor dalam pembuatan aplikasi. Sistem ini menggunakan MySQL sebagai Database Management System (DMS). Metode pengembangan pada sistem aplikasi ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) yang terdiri dari perencanaan sistem, analisis sistem, perancangan desain sistem, implementasi sistem dan operation & support.
Dalam pengujian sistem menggunakan metode blackbox. Hasil pengujian blackbox didapat kesimpulan sistem yang dikembangkan berhasil dalam mencatat absensi mahasiswa sesuai pertemuan perkuliahan yang dihadiri. Kemudian sistem berhasil memproses absensi saat dipindai mahasiswa secara bersamaan untuk efisiensi proses absensi.

Kata Kunci: Absensi Mahasiswa, QR Code, Mobile, Web, Android

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 06 Aug 2021 07:20
Last Modified: 06 Aug 2021 07:20
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/475

Actions (login required)

View Item View Item