SISTEM INFORMASI PERBAIKAN PRINTER BERBASIS WEB DENGAN QRCODE PADA MANXI PRINTER

SYAHFRUDIN, Ary (2020) SISTEM INFORMASI PERBAIKAN PRINTER BERBASIS WEB DENGAN QRCODE PADA MANXI PRINTER. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160103140.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (598kB)

Abstract

SISTEM INFORMASI PERBAIKAN PRINTER BERBASIS WEB DENGAN QRCODE PADA MANXI PRINTER

Oleh :
Ary Syahfrudin
160103140

Manxi Printer adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa perbaikan printer dan penjualan printer. Dalam meningkatkan profit, manxi printer selalu berusaha meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Untuk mengelola jasa perbaikan printer, Manxi Printer menggunakan nota tanda terima service sebagai acuannya. Untuk mengetahui status barang yang diperbaiki pelanggan harus menunggu informasi dari staff. Disisi lain pelanggan perlu mendapatkan informasi status printer agar dapat mengetahui sejauh mana printer dikerjakan. Agar informasi perbaikan printer dapat diakses secara mudah dan bersamaan, solusi yang ditawarkan penulis yaitu mengimplementasikan sistem kedalam database berbasis WEB. Untuk memudahkan pelanggan diberikan penambahan fitur QRCode.
Penelitian ini dilaksanakan dengan metode pengumpulan data yaitu studi pustaka dari jurnal-jurnal yang berkaitan dan observasi secara langsung dilapangan. Adapun sistem dikembangkan menggunakan metode RAD (Rappid Application Development) yang diawali dengan mengalisis kebutuhan sistem, perancangan sistem, hingga implementasi. Sistem dibangun dengan menggunakan Bahasa pemrograman PHP dan Mysql sebagai pengolah basis datanya. menggunakan software text editor Visual Studio Code. Pengujian sistem ini menggunakan dua jenis pengujian diantaranya black box dan white box (menggunakan kuesioner).
Hasil dari perancangan aplikasi sistem informasi perbaikan printer berbasis web dengan qrcode tersebut menunjukkan bahwa informasi status printer dapat diakses oleh beberapa pengguna secara bersamaan. Memudahkan staff dalam mengelola printer masuk dan printer keluar serta memudahkan pimpinan dalam memperoleh laporan service tanpa harus meminta data dari staff.

Kata kunci: Sistem Informasi, Perbaikan, RAD, Website dan QRCode

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 07 Aug 2021 02:48
Last Modified: 07 Aug 2021 02:48
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item