RANCANG BANGUN SISTEM PENDAFTARAN DIKLAT BERBASIS WEB DI BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN DINAS DIKPORA DIY

ABDULAH, Ridwan (2020) RANCANG BANGUN SISTEM PENDAFTARAN DIKLAT BERBASIS WEB DI BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN DINAS DIKPORA DIY. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160103180.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (585kB)

Abstract

RANCANG BANGUN SISTEM PENDAFTARAN DIKLAT BERBASIS
WEB DI BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN
DINAS DIKPORA DIY

Oleh ;
Ridwan Abdulah
160103180

Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan (Tekkomdik) Dinas Dikpora DIY merupakan organisasi pemerintah yang bertugas untuk memeratakan pendidikan dibidang IT khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Agar tecapainya visi dan misi tersebut Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan menyiapkan program pelatihan atau bimtek (bimbingan teknis) bagi para pelaku pendidik (Guru formal maupun non formal). Upaya pelaksanaan pelatihan ini mengalami beberapa kendala diantaranya, peserta yang sudah mengikuti pelatihan kembali mengikuti pelatihan dengan pelatihan yang sama, terjadinya double data calon peserta pelatihan, pemilihan sekolah secara sepihak dalam pendistribusian surat undangan pelatihan, serta beberapa kendala yang lainnya. Kehadiran sistem pendaftaran diklat berbasis web di Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Dikpora DIY ini membantu dalam pelaksanaan diklat juga dapat membantu mengolah laporan dalam pelaksanaan diklat.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membaginya menjadi dua yaitu untuk yang pertama adalah metode pengambilan data terdapat observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem dengan menggunakan analisa pieces, dimana terdapat workflow sistem, use case diagram, activity diagram, Sequence diagram dan terakhir adalah testing yang menggunkan teknik black box dan test beta.
Kesimpulan terhadap Rancang Bangun Sistem Pendaftaran Diklat Berbasis Web di Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan Dinas Dikpora DIY ini untuk memudahkan panitia dalam pengelolaan diklat, pengelolaan peserta diklat, user dapat melakukan pendaftaran diklat secara mandiri, user dapat mengunduh materi diklat dan sertifikat dikat, panitia dapat menerima laporan hasil survey diklat yang telah dilaksanakan.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Diklat, Pelatihan, Bimtek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 07 Aug 2021 03:18
Last Modified: 20 Sep 2021 13:30
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item