SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN ANAK PADA TEMPAT PENITIPAN ANAK YULITA SUKOHARJO BERBASIS WEB

AMARINI, Rizkihia Nur (2020) SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN ANAK PADA TEMPAT PENITIPAN ANAK YULITA SUKOHARJO BERBASIS WEB. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
repository_160103181-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (607kB)

Abstract

LAYANAN MONITORING PERKEMBANGAN
ANAK (STUDI KASUS DI TEMPAT PENITIPAN ANAK YULITA)

Oleh :
Rizkhia Nur Amarini
160103181

Pertumbuhan dan perkembangan anak akan selalu mengalami perubahan dari masa kelahiran sampai remaja. Peran orangtua dalam proses pertumbuhan dan perkembangan pada anak dapat dilakukan dengan cara mengamati perubahan-perubahan yang terjadi pada anak. Namun terkadang orang tua mengalami hambatan yaitu tidak adanya catatan yang akurat tentang tumbuh kembang anak, sehingga akan menghambat orangtua dalam mengamati perkembangan anaknya. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dengan banyaknya penggunaan perangkat berbasis web menjadikan peluang terbuka untuk mengembangkan suatu aplikasi yang mampu mempermudah orangtua dalam mengamati tumbuh kembang anaknya. Oleh karena itu peneliti merancang dan membuat sistem informasi perkembangan anak yang bertujuan untuk menunjang dan memudahkan orang tua dalam mengamati proses tumbuh kembang anak dan memudahkan orangtua mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan pada anak.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membaginya menjadi dua yaitu untuk yang pertama adalah metode pengumpulan data terdapat observasi, wawancara, dan studi kepustakaan dan yang kedua adalah metode pengembangan sistem menggunakan metode waterfall dengan tahapan yaitu analisa kebutuhan perangkat lunak, desain, implementasi, pengujian, serta perbaikan sistem. Pengujian blackbox, pengujian dilakukan dengan uji coba langsung kepada pengasuh dan orang tua yang ada di Tempat Penitipan Anak Yulita, semua pengasuh dan orangtua setuju jika sistem informasi ini sangat bermanfaat karena memudahkan pengasuh dalam menginputkan data gizi, kegiatan, berat badan, tinggi dan perkembangan anak serta orangtua dapat memantau kegiatan dan perkembangan anak setiap harinya.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Tumbuh Kembang Anak, Kesehatan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 07 Aug 2021 03:22
Last Modified: 07 Aug 2021 03:22
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item