RANCANG BANGUN DIGITALISASI DAILY REPORT BERBASIS MOBILE PADA KB/TPA & RA AL-IKHLAS

ARIFIN, Zaenal (2020) RANCANG BANGUN DIGITALISASI DAILY REPORT BERBASIS MOBILE PADA KB/TPA & RA AL-IKHLAS. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160103198.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (917kB)

Abstract

RANCANG BANGUN DIGITALISASI DAILY REPORT
BERBASIS MOBILE PADA
KB/TPA & RA AL-IKHLAS

Oleh :
Zaenal Arifin
160103198

Abstrak – KB / TPA & RA Al Ikhlas merupakan sekolah Islam untuk anak usia dini yang berbasis fullday school, dimana anak dapat belajar dan bermain seharian penuh dalam sekolah. Namun dalam proses pertukaran informasi kegiatan anak di sekolah antara guru dengan wali murid masih menggunakan buku penghubung atau yang biasa dsiebut dengan buku daily report. Selain konvensional, cara ini juga mempunyai dampak terhadap lingkungan karena terlalu banyak kertas. Padahal di zaman sekarang internet sudah menjadi jembatan antar manusia untuk berkomunikasi dan bertukar informasi dengan mudah melalui aplikasi mobile. Keberadaan intenet dan kemajuan gadget dengan sistem informasi yang tertanam di dalamnya semakin mempermudah manusia untuk mendapatkan informasi yang aktual, dan dapat diakses kapan saja. Oleh sebab itu peneliti membangun aplikasi daily report berbasis mobile yang dapat membantu dalam membuat laporan harian bagi semua guru KB / TPA & RA Al-Ikhlas dan menjadi wadah untuk mengakses informasi kegiatan anak bagi orang tua atau walimurid.
Aplikasi daily report ini dibuat berbasis mobile menggunakan software Visual Code sebagai text editor, MySQL sebagai DBMS (Database Management System), dan XAMPP sebagai penghubung Apache (PHP). Metode pengembangan pada sistem aplikasi ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) yang terdiri dari perencanaan sistem, analisis sistem, perancangan desain sistem, implementasi sistem dan operation & support.
Pengujian sistem ini menggunakan metode blackbox dan UAT (User Acceptance Test). Hasil pengujian dengan metode blacbox didapatkan kesimpulan bahwa fungsi-fungsi sistem berjalan baik sesuai yang diharapkan. Sedangkan pada metode UAT didapatkan kesimpulan bahwa sistem yang dibuat berhasil melakukan pertukaran informasi dan juga sistem ini dapat diterima oleh pengguna.

Kata Kunci: Daily Report, PAUD, Aplikasi, Mobile, Digitalisasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 07 Aug 2021 03:29
Last Modified: 07 Aug 2021 03:29
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item