APLIKASI PERIJINAN KEGIATAN KANTOR KESBANGPOL KOTA SURAKARTA

ARDYANTO, Albertus Irwan (2020) APLIKASI PERIJINAN KEGIATAN KANTOR KESBANGPOL KOTA SURAKARTA. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_180103015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (612kB)

Abstract

APLIKASI PERIJINAN KEGIATAN KANTOR KESBANGPOL
KOTA SURAKARTA

Oleh;
Albertus Irwan Ardyanto
180103015

Surakarta atau Solo pada tahun 2018 menurut hasil survei dari Ikatan Ahli Perencana (IAP) Indonesia dinyatakan sebagai kota paling nyaman dihuni. Solo sudah dua kali terpilih menjadi kota paling layak huni pada tahun 2014 dan meski tetap menjadi peringkat satu, indeks kelayakannya menurun dari angka 69,38 % di tahun 2014. Banyak sekali kegiatan besar yang diadakan oleh Kota Surakarta setiap tahunnya apalagi semenjak terpilihnya Presiden Joko Widodo yang notabene berasal dari Kota Surakarta, bahkan pihak dari luar pun tak ragu untuk mengadakan kegiatan di Kota Surakarta. Setiap kegiatan yang dilaksanakan di Kota Surakarta tak lepas dari yang namanya perijinan, baik perijinan lokasi maupun perijinan pelaksanaan kegiatan, para promotor kegiatan wajib melakukan perijinan terlebih dahulu melalui Kantor Kesbangpol agar mendapat rekomendasi pelaksanaan kegiatan yang kemudian diajukan kepada Polresta Surakarta. Kehadiran aplikasi perijinan kegiatan berbasis web ini memudahkan para promotor kegiatan untuk melakukan proses perijinan kegiatan yang dapat dilakukan dimanapun dan kapanpun.
Pada penelitian ini metode yang digunakan penulis terbagi menjadi dua yaitu yang pertama adalah metode pengambilan data terdapat survey, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Metode yang kedua adalah pengembangan sistem menggunakan prototype dimana analisa kebutuhan sistem menggunakan analisa pieces dan testing program menggunakan teknik black box.
Kesimpulan terhadap pembuatan aplikasi perijinan kegiatan berbasis web ini adalah menu dalam perijinan kegiatan sangat mudah untuk digunakan, pemohon cukup melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum melakukan perijinan. Dalam aplikasi ini masih belum dapat terlihat user siapa yang telah melakukan verifikasi terhadap pemohon.

Kata Kunci : Perijinan, Kegiatan, Web, PHP, Prototype

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 07 Aug 2021 03:36
Last Modified: 07 Aug 2021 03:36
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item