APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus : SMK Bina Patria 1 Sukoharjo)

BILAD, FAHRUL (2022) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (Studi Kasus : SMK Bina Patria 1 Sukoharjo). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (630kB)

Abstract

SMK Bina Patria 1 Sukoharjo terdapat salah satu bidang jurusan yaitu
teknik komputer dan jaringan. Saat kelas X, siswa diajarkan untuk membuat,
mengetes, dan mengkoneksikan beberapa komputer menggunakan kabel/ tanpa
kabel. Sebelum melakukan praktek, siswa harus mengenal terlebih dahulu bentuk
dan fungsi dari perangkat jaringan komputer yang akan dibuat dan di konfigurasi.
Demi mengurangi penyebaran Covid-19, SMK Bina Patria 1 Sukoharjo
menerapkan pembelajaran secara daring dan luring. Pembelajaran secara daring
mempunyai kekurangan dimana guru tidak bisa langsung mengenalkan dan
menunjukan bentuk dari perangkat jaringan komputer sehingga siswa hanya bisa
mempelajarinya dari E-learning/ internet. Kemudian pembelajaran secara luring di
lab komputer harus dikurangi, hal ini mengakibatkan pembelajaran kurang efektif
dan efisien.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Sherwood-Rout, tahapan
dimulai dari Project Initiation, Spesification, Design, Production, Review and
Evaluation, Delivery and Implementation. Metode ini lebih fokus pada penggalian
review dan pengujian pada client sebelum aplikasi digunakan.
Aplikasi yang dihasilkan adalah aplikasi media pembelajaran pengenalan
perangkat jaringan komputer menggunakan teknologi augmented reality. Aplikasi
ini dapat menampilkan 8 perangkat jaringan komputer. Aplikasi ini telah diujikan
kepada 21 responden yang terdiri dari 20 siswa, dan 1 guru mata pelajaran jaringan
komputer. Hasil dari kuesioner membuktikan bahwa aplikasi ini dapat membantu
pihak SMK Bina Patria 1 Sukoharjo dan siswa dalam pembelajaran pengenalan
perangkat jaringan komputer dengan rata-rata persentasi responden menyatakan
30.46% sangat setuju, 42.86% menyatakan setuju dan 26.68% menyatakan biasa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci— Aplikasi, Media Pembelajaran, Augmented Reality, Perangkat Jaringan Komputer, Sherwood-Rout
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 22 Jul 2022 01:59
Last Modified: 22 Jul 2022 01:59
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item
View Item