komputerasi sistem service pada CV Nusgrav Gravindo

AJI, WAHYU SATRIA (2022) komputerasi sistem service pada CV Nusgrav Gravindo. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (861kB)

Abstract

pengelolaan data servis hanya bersifat manual, yaitu pelanggan datang untuk memperbaiki komputernya, kemudian data pelanggan dicatat pada sebuah nota, nota terdiri dari dua lembar yaitu lembar putih dan lembar merah. Lembar merah di bawa oleh pelanggan, sedangkan lembar putih disimpan di toko. Apabila sudah selesai maka pelanggan harus menunjukkan nota merah untuk mengambil komputer yang sudah selesai di servis. Oleh karena itu peneliti akan membuat sebuah aplikasi berbasis web yang akan menyimpan semua data pelanggan yang masuk serta dapat mencetak nota langsung didalamnya.Masalah dalam suatu sistem dapat menyebabkan suatu kondisi dan situasi yang menyimpang dari sasaran sistem yang dikembangkan, bahkan dapat menyimpang dari tujuan suatu organisasi yang menggunakan sistem. Untuk menghindari masalah tersebut, maka diperlukan suatu analisis kelemahan sistem yang meliputi analisis kerja sistem, analisis informasi, ekonomi, pengendalian, tingkat efisiensi, dan pelayanan dari sistem yang ada. penulis melakukan analisis dan mengidentifikasi tujuan dari sistem yang akan dirancang dan kebutuhan untuk mencapai tujuan. Rancangan yang dianalisis ini dilakukan dengan metode observasi lapangan untuk mengetahui apa saja kebutuhan fungsional dan non fungsional sistem ini. Kebutuhan ini juga akan mempengaruhi proses kerja, input dan output data yang diolah dalam sistem. Berkaitan dengan tahapan perencanaan penulis melakukan survei secara langsung berkaitan dengan proses pelayanan servis di CV Nusantara Grafindo.melakukan desain sistem yang meliputi: alur kerja sistem, cara pengoperasian, hasil keluaran serta tampilan sistem dan lain-lain yang telah disesuaikan dengan analisis kebutuhan pada tahap awal untuk menyelesaikan permasalahan tersebut Penulis bertemu dengan pengguna dan memberikan desain sistem yang akan dibuat untuk selanjutnya dapat dikoreksi oleh pengguna mengenai apa saja kekurangan dari rancangan yang diberikan agar tercipta sistem yang sesuai dengan pengguna untuk selanjutnya dilanjutkan dengan codingAplikasi Sistem Service Printer Pada CV. Nusantara Grafindo menyajikan pengolahan data yang meliputi data calon invoice, data pelanggan, data transaksi, ,dan data item servis. Sedangkan laporan yang dihasilkan yaitu: laporan transaksi secara periodik.Penggujian sistem ini menggunakan metode pengujian Black Box dan pengujian pengguna dengan metode kuisioner. Aplikasi Sistem Service Printer Pada CV. Nusantara Grafindo dibangun dengan menggunakan metode analisis diagram fishbone dan menggunakan database dari MySQL dan bahasa pemrograman PHP. Hasil dari penggujian pengguna menunjukan bahwa 83,6% responden menyatakan aplikasi membantu manajemen pengelolaan data servis, 78.1% menyatakan fitur membantu penggunaan web, 78.1% menyatakan isi dari web cukup mudah untuk dimengerti, 98,1% pengguna menyatakan web membantu memantau status unit yang sedang diservis. berdasarkan dari penggujian pengguna menunjukan bahwa sistem yang dibangun bebas dari bug dan sesuai dengan fungsi yang diharapkan

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Servis, Printer
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:09
Last Modified: 01 Sep 2022 07:09
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1028

Actions (login required)

View Item
View Item