APLIKASI PENYEWAAN GEDUNG BERBASIS WEB PADA GEDUNG MURAH MERIAH MANTAP (3M) DI SOLO BARU

KUSASIH, Amaliah (2020) APLIKASI PENYEWAAN GEDUNG BERBASIS WEB PADA GEDUNG MURAH MERIAH MANTAP (3M) DI SOLO BARU. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_170202004.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

APLIKASI PENYEWAAN GEDUNG BERBASIS WEB PADA GEDUNG MURAH MERIAH MANTAP (3M) DI SOLO BARU

Oleh : AMALIAH KUSASIH
170202004

Murah Meriah Mantap (3M) adalah salah satu penyedia gedung yang bisa digunakan untuk acara pertemuan, pernikahan, dan acara sejenisnya di Solo Baru. Dalam proses pemesanan dan pengelolaan data pemesanan saat ini, gedung Murah Meriah Mantap (3M) masih menggunakan buku besar sebagai penyimpanan data. Walaupun data yang telah tersimpan didalam buku besar dirasa sudah cukup untuk saat ini tetapi pada saat proses pencarian hari kosong untuk pemesanan selalu mengalami kendala dalam pencarian data yang tidak efisien. Masalah yang dihadapi bukan hanya itu saja tetapi penyimpanan data dan keamanan data yang tidak aman karena resiko kemungkinan data hilang sangat besar karena data masih disimpan dalam satu buku besar, selain itu keamanan data juga menjadi masalah karena buku besar belum bisa menjaga kerahasiaan data dari pihak yang tidak memiliki hak akses terhadap data tersebut.

Dari studi kasus tersebut, penulis mencoba membangun aplikasi penyewaan gedung menggunakan metode waterfall. Tahapan waterfall melipti AnalisisKebutuhan Perangkat Lunak, Desain, Pembuatan Kode Program, Pengujian, Pendukung (Support) atau Pemeliharaan (Maintenance). Untuk basis data yang digunakan adalah MySql.

Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi penyewaan gedung berbasis web. Aplikasi dapat memproses pendataan daftar harga paket, pendataan data pemesanan, pendataan detail pemesanan, pendataan penjadwalan, dan pendataan tambah menu. Dari hasil pengujian black box diperoleh bahwa aplikasi berhasil dan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Hasil dari pengujian kuesioner diperoleh bahwa 51% responden sangat setuju dengan adanya aplikasi penyewaan gedung yang dibangun, serta layak untuk diimplementasikan.

Kata kunci:Aplikasi, Penyewaan, Gedung, waterfall, MySql.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 08 Apr 2021 06:21
Last Modified: 08 Apr 2021 06:21
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item