RANCANG BANGUN ANIMASI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK BERBASIS MULTIMEDIA PADA PAUD TUNAS BANGSA

ISWARA, Dyah Devina (2020) RANCANG BANGUN ANIMASI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK BERBASIS MULTIMEDIA PADA PAUD TUNAS BANGSA. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_170202007.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (198kB)

Abstract

RANCANG BANGUN ANIMASI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK BERBASIS MULTIMEDIA PADA PAUD TUNAS BANGSA

Oleh:
Devina Dyah Iswara
170202007
Paud Tunas Bangsa merupakan instansi pendidikan untuk anak usia dini yang berada di Desa Songgorunggi, kelurahan Dagen, kecamatan Jaten, kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah, Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun aplikasi animasi permainan tradisional congklak untuk anak usia dini. Media ini dibuat untuk membantu anak usia dini dalam mengenal permainan tradisional dan menarik minat belajar bermain congklak dengan menggunakan gambar/ animasi. Sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak karena melatih perkembangan syaraf motorik anak serta dapat melatih kesabaran dan berhitung.

Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode Multimedia dengan alat bantu Diagram Transisi dan Flowchart. Pengujian dilakukan dengan 2 cara yaitu, pengujian Alpha dan pengujian Beta. Hasil pengujian Alpha didapatkan kesimpulan bahwa Sistem Animasi Permainan Tradisional Congklak dapat menjalankan fungsinya dengan baik yaitu menampilkan halaman menu pembuka, menu utama, menu cara bermain, dan menu keluar.

Berdasarkan pengujian Beta didapatkan bahwa Aplikasi Animasi Permainan Tradisional Congklak dapat digunakan dalam memperkenalkan permainan congklak kepada anak usia dini serta belajar bagaimana cara memainkannya.

Kata Kunci : Animasi, Permainan Tradisional Congklak, Anak Usia dini Pengujian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 08 Apr 2021 06:29
Last Modified: 08 Apr 2021 06:29
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item View Item