APLIKASI MONITORING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) JAMU BERBASIS WEB DI DISDAGKOP DAN UMKM KABUPATEN SUKOHARJO

HANDAYANI, Dina Fajar (2020) APLIKASI MONITORING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) JAMU BERBASIS WEB DI DISDAGKOP DAN UMKM KABUPATEN SUKOHARJO. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_170202009.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

APLIKASI MONITORING USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) JAMU BERBASIS WEB DI DISDAGKOP UMKM KABUPATEN SUKOHARJO

Oleh:
FAJAR DINA HANDAYANI
170101009

Rekapitulasi jumlah UMKM di Kabupaten Sukoharjo pada tahun 2017 sebanyak 20.580. Khusus untuk UMKM Jamu mencapai 203 UMKM diantaranya mulai dari Obat Herbal, UMKM Jamu, Usaha Jamu Gendong, dan Industri Obat Tradisional. Pemerintah daerah saat ini melakukan monitoring dengan datang ke tempatnya langsung ataupun melalui telepon saja dan belum tersistem pada komputer. Hal tersebut mengakibatkan kurang efisien, karena mengingat jumlah UMKM Jamu tidak hanya puluhan namun ratusan dan tidak semua dapat dijangkau secara langsung. Permasalahan tersebut yang dijadikan penulis sebagai obyek penelitian untuk membuat Aplikasi Monitoring Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Jamu Berbasis Web di Disdagkop UMKM Kabupaten Sukoharjo, yang dapat menunjang pemerintah daerah dalam melakukan monitoring UMKM Jamu.
Metode pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis diantaranya adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Dalam membuat aplikasi ini metode pengembangan yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah dengan metode pengembangan prtotype dengan tahapan Mengidentifikasi Kebutuhan Sistem, Membangun Prototype, dan Menguji Sistem. Analisis sistem yang digunakan menggunakan analisis PIECES, kemudian perancangan proses aplikasi ini menggunakan workflow dan diagram UML.
Output dari aplikasi ini adalah Laporan Data UMKM, Laporan Penjualan UMKM, dan Laporan Monitoring UMKM Jamu di Kabupaten Sukoharjo dalam bentuk cetak laporan. Kemudian hasil dari pengujian semua fitur yang terdapat dalam aplikasi ini dapat berjalan sesuai dengan semestinya.

Kata Kunci : Aplikasi, Monitoring, UMKM, Website.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 08 Apr 2021 06:35
Last Modified: 08 Apr 2021 06:35
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item