APLIKASI GEOSPASIAL POTENSI DESA BERBASIS WEB DI DESA BATAN

NDRIANTO, Hafid (2020) APLIKASI GEOSPASIAL POTENSI DESA BERBASIS WEB DI DESA BATAN. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_170202012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB)

Abstract

APLIKASI GEOSPASIAL POTENSI DESA
BERBASIS WEB DI DESA BATAN

Oleh :
HAFID INDRIANTO
170202012

Kantor Kelurahan Desa Batan merupakan pusat pemerintahan yang berada di Desa Batan, Banyudono, Boyolali. Kantor Kelurahan tersebut juga menjadi pusat pengelolaan, perencanaan, dan koordinasi semua yang berkaitan atau berhubungan dengan pembangunan desa, ketentraman, dan ketertiban serta keamanan desa. Permasalahan Kantor Kelurahan Desa Batan sekarang ini adalah pembuatan atau pencatatan podes masih menggunakan microsoft word dan microsoft excel membuat pengelolaan podes belum maksimal dan belum efektif. Hal tersebut terjadi karena pengelolaan podes di Kantor Kelurahan Desa Batan masih belum menggunakan sistem atau tersistem. Maka dari itu, dengan adanya permasalahan tersebut, Kantor Kelurahan Desa Batan membutuhkan Aplikasi Geospasial Potensi Desa Berbasis Web.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membaginya menjadi dua yaitu untuk yang pertama adalah metode pengambilan data tedapat observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem menggunakan metode extreme programming, terdapat analisa kebutuhan sistem dengan menggunakan analis pieces,dimana terdapat workflow sistem, use case diagram, activity diagram, class diagram, dan terakhir adalah testing yang menggunkan teknik pengujian black box.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi geospasial potensi desa berbasis web. Aplikasi geospasial ini memiliki proses pengelolaan data tempat podes, data gambar podes, data user, dan mengolah laporan podes serta aplikasi ini dapat memberikan informasi mengenai rute dan lokasi podes tersebut berada. Dari hasil pengujian black box diperoleh bahwa aplikasi berhasil dan dapat berjalan sesuai yang diharapkan.

Kata kunci : Aplikasi, Geospasial, Potensi Desa, Web, Metode Extreme Programming.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 08 Apr 2021 06:54
Last Modified: 10 Apr 2021 02:47
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/170

Actions (login required)

View Item View Item