APLIKASI PENJUALAN PULSA, PAKET DATA, DAN E-MONEY UNTUK AGEN RESELLER BERBASIS MULTIPLATFORM DI YELLOW CELL SUKOHARJO

ANGGRAINI, Ika (2020) APLIKASI PENJUALAN PULSA, PAKET DATA, DAN E-MONEY UNTUK AGEN RESELLER BERBASIS MULTIPLATFORM DI YELLOW CELL SUKOHARJO. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
REPOSITORY_170202013.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

APLIKASI PENJUALAN PULSA, PAKET DATA, DAN E-MONEY UNTUK AGEN RESELLER BERBASIS MULTIPLATFORM
DI YELLOW CELL SUKOHARJO

Oleh :
IKA ANGGRAINI
170202013

Yellow Cell merupakan sebuah konter yang terletak di Dk. Gebluk, Dukuh, Kabupaten Sukoharjo. Konter ini berdiri pada tahun 2017 oleh seorang pengusaha sukses bernama Benny Dwi Susilo. Yellow Cell menyediakan berbagai kebutuhan internet. Mulai dari paket data, pulsa listrik, pulsa regular dan e-money. Sistem penjualan dan persediaan barang yang sedang berjalan pada konter ini masih manual. Untuk mencatat orderan masih ditulis dalam buku kecil. Dan untuk pemesanan masih menggunakan aplikasi WhatsApp. Konter Yellow Cell membutuhkan aplikasi penjualan pulsa dan paket data berbasis multiplatform yaitu website dan android.
Dari studi kasus tersebut, maka penulis mencoba membangun aplikasi penjualan pulsa, paket data, dan e-money dengan menggunakan metode pengembangan sistem prototype. Tahapan pembuatan aplikasi meliputi mendengarkan pelanggan, membangun prototype, dan uji coba. Dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. Dengan dibangun aplikasi penjualan ini diharapkan dapat memudahkan instansi terkait untuk melakukan input dan olah data.
Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi penjualan pulsa, paket data, dan e-money berbasis multiplatform yaitu website dan android. Aplikasi penjualan ini memiliki proses transaksi pemesanan, barang masuk, barang keluar, dan persediaan barang. Selain itu juga dapat mengolah data paket data, data pulsa, data e-money dan data reseller serta mengolah laporan penjualan dan laporan persediaan barang. Dari hasil pengujian black box diperoleh bahwa aplikasi berhasil dan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Aplikasi yang dibuat sudah diterapkan atau dipakai di konter Yellow Cell.
Kata kunci : Aplikasi, Penjualan, Pulsa, Paket Data, E-Money, Metode Prototype, Pengujian Black-Box

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 08 Apr 2021 07:00
Last Modified: 08 Apr 2021 07:00
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/171

Actions (login required)

View Item View Item