APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN PENGASAH SENSORIK PENGLIHATAN DAN PENDENGARAN BAGI SISWA KELAS B TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU FATAHILLAH SUKOHARJO

AULIA, Khairunnisa (2020) APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN PENGASAH SENSORIK PENGLIHATAN DAN PENDENGARAN BAGI SISWA KELAS B TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU FATAHILLAH SUKOHARJO. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
3. Respitory.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

APLIKASI GAME EDUKASI PENGENALAN HEWAN PENGASAH SENSORIK PENGLIHATAN DAN PENDENGARAN BAGI SISWA KELAS B TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU
FATAHILLAH SUKOHARJO

Oleh :
Khairunnisa Aulia
170202016

Media pembelajaran untuk anak-anak terutama anak TK masih banyak yang belum memanfaatkan teknologi yang berkembang saat ini. Sebenarnya, teknologi saat ini jika mampu diolah dan dioptimalkan secara maksimal, diprediksi nantinya anak-anak dapat lebih cepat menerima dan mencerna materi yang ada. Game edukasi sebenarnya lebih mengacu pada penyampaian cara belajar agar mudah diterima oleh anak-anak, karena diperkirakan mampu memberi efek menarik dan menyenangkan bagi siswa dalam proses belajarnya.
Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode pengembangan MDLC (Multimedia Development Life Cycle), yang terdiri dari 6 tahap yaitu: Concept, Desain, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi game edukasi pengenalan hewan pengasah sensorik khususnya indra penglihatan dan pendengaran untuk siswa kelas B taman kanak-kanak. Terdiri dari dua pilihan pemainan dan dari masing-masing permainan tersebut terdapat 5 level.
Berdasarkan dari pembuatan aplikasi ini dapat disimpulkan bahwa game edukasi pengenalan hewan pengasah sensorik penglihatan dan pendengaran mampu berjalan sesuai fungsinya dan layak digunakan untuk membantu kegiatan pembelajaran khususnya untuk anak-anak.

Kata kunci: Pengasah Sensorik, Pengenalan Hewan, Game Edukasi, Taman Kanak-Kanak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Manajemen Informatika
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 08 Apr 2021 07:27
Last Modified: 08 Apr 2021 07:27
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item