RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RETRIBUSI KIOS PASAR (Studi Kasus : Pasar Nglano Tasikmadu Karanganyar)

WIDODO, ANDI (2023) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RETRIBUSI KIOS PASAR (Studi Kasus : Pasar Nglano Tasikmadu Karanganyar). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (759kB)

Abstract

ABSTRAK
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN RETRIBUSI KIOS PASAR
(Studi Kasus: Pasar Nglano Tasikmadu Karanganyar)
Oleh:
Andi Widodo
180101021
Retribusi pasar adalah pungutan daerah atau jasa pelayanan penyediaan fasilitas pasar tradisional/sederhana yang berupa halaman/pelataran, los dan kios yang dikelola Pemerintah daerah dan khusus disediakan untuk pedagang. Pengelolaan retribusi di pasar Nglano yang masih manual, yaitu petugas datang ke kios-kios pedagang untuk melakukan penarikan retribusi pasar, sehingga dinilai tidak efisien. Karena banyaknya petugas penarik retribusi, waktu yang dibutuhkan dalam proses pemungutan retribusi pasar, pelaporan hasil retribusi pasar yang lama, serta biaya pencetakan kartu retribusi pasar untuk pedagang. Selain itu, pemungutan retribusi pasar secara manual dimungkinkan terjadi penyimpangan setoran. Hasil dari pengamatan yang dilakukan, peneliti membangunlah sebuah sistem informasi yang dapat mengelola penerimaan dan penyetoran retribusi yang ada di pasar Nglano tersebut.
Penelitian ini dibagi menjadi dua metode, yang pertama metode pengambilan data terdapat observasi, wawancara dan studi pustaka. Yang ke dua metode pengembangan sistem menggunakan SDLC (System Development Life Cycle), analisis sistem menggunakan PIECES, pemodelan menggunakan UML dan Black Box digunakan untuk pengujian sistem.
Hasil dari sistem informasi ini terdapat tiga hak akses yaitu pimpinan, admin dan pedagang. Uji Black Box yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pada setiap kasus uji coba yang dipraktekan sesuai dengan perencanaan pengujian, selain itu uji responden memperoleh hasil 84% yang menyatakan bahwa responden “Sangat Setuju” apabila sistem retribusi pasar pada Pasar Nglano Tasikmadu sangat membantu baik pimpinan, admin dan pedagang dalam pengolahan data maupun transaksi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci – Sistem Informasi, Manajemen, Retribusi Pasar.
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 08 Jan 2024 01:15
Last Modified: 08 Jan 2024 01:15
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1791

Actions (login required)

View Item
View Item