RANCANG BANGUN SISTEM PERPARKIRAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RFID DI KANTOR AIRNAV INDONESIA UNIT KERTAJATI

RAMADHAN, Nur'Adli Febry (2020) RANCANG BANGUN SISTEM PERPARKIRAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RFID DI KANTOR AIRNAV INDONESIA UNIT KERTAJATI. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_150204011.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB)

Abstract

RANCANG BANGUN SISTEM PERPARKIRAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI RFID DI KANTOR AIRNAV INDONESIA
UNIT KERTAJATI

Oleh :
Nur’Adli Febry Ramadhan
150204011

Tempat parkir dan sistem pengaturan perparkiran adalah komponen penting dan tidak dapat dipisahkan dalam pelayanan sebuah fasilitas umum. Keberadaan sistem perparkiran yang baik akan mendukung fasilitas umum yang digunakan oleh banyak pihak. Sistem parkir yang baik mencerminkan kebaikan sistem yang lebih luas dalam fasilitas umum tersebut. Oleh karena itu jika sistem perparkiran tidak memberikan keamanan, kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna, maka aktifitas tersebut akan terganggu. Pemilihan metode pelayanan yang baik pada sistem perparkiran akan menentukan keamanan, kemudahan dan kenyamanan fasilitas umum tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancang bangun prototype sistem parkir menggunakan teknologi RFID yaitu memanfaatkan kartu tag sebagai ID setiap pengguna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini memiliki 5 tahapan, yaitu persiapan alat dan bahan, pembuatan desain, pembuatan alat, pengujian dan kesimpulan. Dari hasil perancangan yang diperoleh dengan menggunakan alat-alat RFID tag, button, indikator LED dan buzzer, motor servo sebagai penggerak pintu palangnya. Cara kerjanya alat ini yaitu ketika pengguna yang memiliki kartu tag menempelkan ke RFID maka hasilnya buzzer beep, LED Green nyala, servo sebagai palang terbuka, namun ketika pengguna tidak memiliki kartu tag maka pengguna bisa menekan tombol hijau sebagai pembuka palang pintu untuk penggerak servo. Dari hasil pengujian alat ini dapat bekerja dengan baik.

Kata Kunci: Mikrokontroler, Arduino Uno, LED, LCD, Sensor Ultrasonik, RFID RC, Button

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:05
Last Modified: 09 Apr 2021 04:05
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/180

Actions (login required)

View Item View Item