RANCANG BANGUN ALAT PEMBUAT MINUMAN OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO

PAMUNGKAS, Rony Candra Sepdhea Putra (2020) RANCANG BANGUN ALAT PEMBUAT MINUMAN OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160204023.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB)

Abstract

RANCANG BANGUN ALAT PEMBUAT MINUMAN OTOMATIS MENGGUNAKAN ARDUINO
Oleh:
Rony Candra Sepdhea Putra Pamungkas
160204023

Teknologi otomatis Secara umum adalah cara atau proses penggunaan sebuah mesin, sistem kontrol, ataupun sebuah teknologi informasi untuk dapat lebih mengoptimalkan proses produksi, maupun sistem pengiriman barang dan jasa. Proses Otomatisasi ini pada umumnya dilakukan jika memang dirasa bahwa proses sebelumnya memakan waktu yang cukup lama bila menggunakan tenaga kerja manusia baik berdasarkan faktor kuantitas dan kualitas.
Namun Pada saat ini di Dof Coffee karanganyar dibagian tempat pembuat minuman yang dimana di saat proses pembuatan minuman membutuhkan waktu lama yang pastinya menimbulkan antri, maka nantinya dibutuhkan adalah alat pembuat kopi otomatis yang dimana hasil kopi bubuk yg sudah di tumbuk maka langsung di proses menjadi minuman cepat saji.
Dengan adanya permasalahan tersebut penulis membuat tugas akhir ini bertujuan untuk mempermudah dalam hal pembuatan minuman yang dimana disaat pelanggan yang tidak ingin mengantri lama maka disediakan juga alat pembuat minum otomatis. Minuman yang dihasilkan yakni adalah minuman kopi siap saji.
Alat pembuatan minuman otomatis ini menggunakan LCD Touch Screen TFT sebagai memulai proses kerja alat, LCD TFT digunakan untuk pemilihan opsi menu kopi, dan motor servo sebagai pembuka katup wadah bubuk kopi kemudian menggunakan screw sebagai akuator untuk mengeluarkan bubuk kopi dari dalam wadah kemudian wadah ditutup oleh motor servo selanjutnya water pump DC mengalirkan air dari tabung pemanas ke wadah dan servo sebagai pengaduk pengendalian yang digunakan untuk mengendalikan seluruh sistem adalah mikrokontroler ATmega2560.
Dari pengujian alat pembuat minum otomatis bekerja dengan baik. Mikrokontroler ATmega2560 berhasil mengkonfigurasi dan mengendalikan semua komponen-komponen yang terdapat alat yakni LCD TFT, Motor Servo buka tutup katup, Screw, dan Water Pump DC. Untuk perhitungan lama waktu dari setiap komponen yakni Motor servo buka 15,47 s, Screw 15,48s, dan Water Pump DC untuk menyedot air dan di salurkan ke wadah 13,5 s.

Kata kunci : LCD TFT,Mikrokontroller Arduino Uno, Mikrokontroller ATmega2560, Screw, Motor Servo, Water Pump DC.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:24
Last Modified: 09 Apr 2021 04:24
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item