RANCANGAN BANGUN OTOMATIS KIPAS DI LABORATORIUM SMK NEGERI 6 SUKOHARJO MENGUNAKAN ARDUINO UNO R3

PAMUNGKAS, Fanni Kurniawan (2020) RANCANGAN BANGUN OTOMATIS KIPAS DI LABORATORIUM SMK NEGERI 6 SUKOHARJO MENGUNAKAN ARDUINO UNO R3. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_170204008.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (228kB)

Abstract

RANCANGAN BANGUN OTOMATIS KIPAS DI LABORATORIUM
SMK NEGRI 6 SUKOHARJO MENGUNAKAN
ARDUINO UNO R3

Oleh:
Fanni Kurniawan Pamungkas
170204008

SMK Negeri 6 Sukoharjo adalah sebuah Sekolah negeri yang menggunakan Laboratorium sebagai salah satu penunjang kebutuhan pembelajaran. dalam kegiatan praktek yang berlangsung pagi sampai sore dengan suhu ruangan yang berubah-ubah dan panas berlebih yang dapat menyebabkan kerusakan terhadap komponen perangkat Komputer. faktor yang mempengaruhi suhu panas didalam ruangan laboratorium.dapat menyebabkan kerusakan seperti overhead terhadap suhu komputer yang terlalu panas dan merusak sehingga memperlambat pembelajaran.Maka dari itu dibuat alat pengontrol suhu terhadap ruangan laboratorium yang diaplikasikan pada kipas diruangan laboratorium.

Pengunaan sensor DHT 11 berguna sebagai alat pendeteksi suhu ruangan Sebagai prototype kipas otomatis mengunakan Arduino Uno R3 dapat menyala otomatis untuk mendinginkan suhu ruangan apa bila suhu ruangan melebihi perintah suhu yang diberikan. Hasil dari prototype alat dapat bekerja, bila suhu ruangan pada LCD berada diatas 28° alat dapat menyala otomatis untuk mendinginkan suhu ruangan tersebut dan otomatis mati pada suhu ruangan dibawah 28°.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peniliti ada dua yaitu untuk pertama metode pengumpulan data terdapat studi pustaka dan observasi. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem yang digunakan adalah tahapan peneilitian yaitu analisis permasalahan, desain, simulasi, implementasi dan pengujian. Hasil dari penelitian ini nantinya mendapatkan informasi untuk lebih lanjut. Kesimpulan dari Hasil Prototype Tersebut alat dapat berkerja dan menurunkan suhu dengan kipas sesuai suhu yang dibutuhkan.

Kata Kunci : System Otomatis, Mikrokontroler, Arduino Uno R3

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:31
Last Modified: 09 Apr 2021 04:31
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item