PROTOTYPE KONTROL LAMPU PENERANGAN JALAN MENGGUNAKAN SIM MODULE GSM 800L DAN SENSOR LDR BERBASIS ARDUINO UNO

KRISDIANTO, Andhika Wahyu (2020) PROTOTYPE KONTROL LAMPU PENERANGAN JALAN MENGGUNAKAN SIM MODULE GSM 800L DAN SENSOR LDR BERBASIS ARDUINO UNO. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_170204003.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (170kB)

Abstract

KONTROL LAMPU PENERANGAN JALAN MENGGUNAKAN
SIM MODULE GSM 800L DAN SENSOR LDR
BERBASIS ARDUINO
Oleh :
Andhika Wahyu Krsidianto
170204003
Kontrol Lampu Penerangan Jalan merupakan sebuah bentuk teknologi otomatisasi pada era yang sudah maju ini. Kontrol Lampu ini memungkinkan untuk tidak lagi menggunakan sakar konvensional karena lampu penerangan jalan ini telah otomatis. Jadinya pada saat pagi hari lampu akan mati dan pada saat petang menjelang malam hari lampu akan menyala sendiri. Lampu penerangan jalan dapat menyala dan mati sendiri dikarenakan ada perangkat yang bernama Sensor LDR (Light Dependent Resistor). Dimana perangkat ini akan meninggi resistensinya apabila dalam keadaan intensitas cahaya yang rendah.
Dalam Penelitian ini berfokus pada kinerja otomatis lampu penerangan jalan yang menyala dan mati secara otomatis. Pengujian lainnya seperti intensitas cahaya yang mempengaruhi sensor LDR, karena faktor intensitas cahaya sangat berpengaruh pada sensor LDR. Misalkan sensor terhalang oleh daun atau terhalang benda lain dan juga faktor cuaca misalkan mendung menjadikan intensitas cahaya disekitar sensor LDR menjadi rendah sehingga menyalakan lampu. Dan juga perangkat tambahan yaitu SIM Module GSM 800L sebagai media laporan aktifitas lampu melalui SMS. Berdasarkan pengujian yang dilakukan terdapat beberapa kegagalan dalam laporan SMS dikarenakan perangkat atau pulsa yang berada pada perangkat tersebut. sehingga SMS laporan aktifitas lampu tidak sampai ke nomor tujuan.

Kata Kunci : Kontrol Lampu, Lampu Jalan Otomatis, Sensor LDR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:41
Last Modified: 09 Apr 2021 04:41
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item