IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI DENGAN METODE SERVQUAL UNTUK SURVEI KEPUASAN PASIEN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : RSU PKU MUHAMMADIYAH SRAGEN)

ALIFI, MUHAMMAD REDITHO (2023) IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI DENGAN METODE SERVQUAL UNTUK SURVEI KEPUASAN PASIEN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : RSU PKU MUHAMMADIYAH SRAGEN). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (698kB)

Abstract

ABSTRAK
IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI DENGAN METODE SERVQUAL UNTUK SURVEI KEPUASAN PASIEN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : RSU PKU MUHAMMADIYAH SRAGEN)
Oleh:
Muhammad Reditho Alifi
190101207

RSU PKU Muhammadiyah Sragen merupakan salah satu rumah sakit yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Sragen dan sekitarnya. RSU PKU Muhammadiyah Sragen telah mengadakan survei kepuasan pasien secara langsung sebelum pasien pulang, dengan mengisi survei tersebut diharapkan mampu menjadi bahan evaluasi rumah sakit. Akan tetapi jumlah pasien dalam mengisi survei masih rendah dari jumlah kunjungan pasien. Untuk meningkatkan efisiensi dan peningkatan pelayanan, maka RSU PKU memerlukan sistem yang dapat membantu dalam melakukan survei kepuasan pasien.
Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk membangun sistem informasi kepuasan pasien yang mampu memudahkan pasien dalam memberikan penilaian terhadap layanan yang telah diberikan oleh rumah sakit. Dalam penelitian ini penulis memakai metode waterfall (air terjun) sebagai metode pengembangan sistem. Metode waterfall merupakan metode yang menyediakan pendekatan siklus hidup perangkat lunak berurutan atau langkah demi langkah mulai dari analisis, desain, pengkodean, pengujian, serta dukungan.
Untuk pengembangan sistem, bahasa pemrograman yang dipakai oleh penulis yaitu PHP dan MySQL sebagai database. Perolehan penelitian ini adalah sistem informasi kepuasan pasien. Sistem ini berbasis web dan terdapat fitur laporan yang dapat memudahkan mendapatkan data survey. Hasil pengujian black box terhadap sistem menunjukkan fungsi telah berjalan sesuai harapan dan pengujian white box menunjukkan website mampu diakses dengan cepat.
Kata Kunci :Survei, Waterfall, PHP, MySQL, Website.

ABSTRACT
IMPLEMENTATION OF INFORMATION SYSTEM USING SERVQUAL METHOD FOR WEB-BASED PATIENT SATISFACTION SURVEY
(CASE STUDY: HOSPITAL PKU MUHAMMADIYAH SRAGEN )
By:
Muhammad Reditho Alifi
190101207

PKU Muhammadiyah Sragen General Hospital is one of the hospitals that provides health services for people in Sragen and its surroundings. RSU PKU Muhammadiyah Sragen has conducted a patient satisfaction survey directly before the patient goes home, by filling out the survey it is hoped that it will be able to become material for hospital evaluation. However, the number of patients filling out the survey is still low compared to the number of patient visits. To improve efficiency and improve service, the PKU General Hospital requires a system that can assist in conducting patient satisfaction surveys.
The purpose of this study was carried out to build a patient satisfaction information system that can facilitate patients in providing an assessment of the services that have been provided by the hospital. In this study the authors used the waterfall method as a system development method. The waterfall method is a method that provides a sequential or step-by-step software life cycle approach starting from analysis, design, coding, testing, and support.
For system development, the programming language used by the author is PHP and MySQL as the database. The acquisition of this research is a patient satisfaction information system. This system is web-based and there are report features that make it easier to get survey data. The results of the black box testing of the system show that the function has run as expected and the white box testing shows that the website can be accessed quickly.
Keywords: Survey, Waterfall, PHP, MySQL, Website.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Survei, Waterfall, PHP, MySQL, Website
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 06 Jan 2024 04:28
Last Modified: 06 Jan 2024 04:28
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1860

Actions (login required)

View Item
View Item