DATA MINING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN (Studi Kasus : Fashion Viral Solo)

ARDI, RIFAL BAYU (2023) DATA MINING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK SEGMENTASI PELANGGAN (Studi Kasus : Fashion Viral Solo). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (680kB)

Abstract

Fashion Viral Solo merupakan salah satu distributor perlengkapan fashion di Surakarta yang belum memanfaatkan data yang dimiliki untuk melakukan segmentasi dan mengelompokkan pelanggan berdasarkan kemiripannya. Segmentasi adalah proses untuk mencari tahu karakteristik dari pelanggan berdasarkan kesamaan tertentu, sehingga memudahkan pengumpulan informasi tentang pelanggan yang memberikan profit bagi perusahaan. Segmentasi menjadi salah satu strategi untuk menghadapi persaingan usaha, untuk mempertahankan pelanggan, dan untuk membantu manajemen dalam menyusun strategi promosi untuk meningkatkan penjualan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan segmentasi pelanggan yang pernah bertransaksi di Fashion Viral Solo berdasarkan karakteristiknya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan algoritma K-Means untuk melakukan clustering dan penerapan metode RFM.

K-Means adalah algoritma sederhana, mudah diimplementasikan, tidak lambat, mudah disesuaikan, dan sering digunakan dalam proses data mining khususnya clustering. RFM adalah metode yang dipakai untuk mengelompokkan data pelanggan berdasarkan nilai atribut Recency (waktu terakhir transaksi), Frequency (jumlah transaksi), dan Monetary (total nominal transaksi). Dengan menggunakan K-Means dan model RFM, peneliti dapat melakukan segmentasi pelanggan Fashion Viral Solo. Dari penelitian ini, diperoleh hasil 2 cluster pelanggan. Cluster 1 dengan jumlah anggota terbanyak, yakni 343 pelanggan dan cluster 2 dengan jumlah anggota 8 pelanggan. Untuk menentukan jumlah cluster yang paling optimal, peneliti menggunakan metode Silhouette Scores dan diperoleh hasil jika mengelompokkan pelanggan menjadi 2 cluster adalah yang paling optimal.

Kesimpulan dari data mining menggunakan algoritma K-Means clustering untuk segmentasi pelanggan ini adalah untuk memudahkan manajemen dalam hal pengelompokkan pelanggan yang lebih akurat secara ilmiah, dan informasi yang dihasilkan dapat dipakai oleh manajemen untuk pendukung keputusan guna mengembangkan usaha di waktu mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Segmentasi, Clustering, K-Means, Pelanggan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 06 Jan 2024 04:26
Last Modified: 06 Jan 2024 04:26
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item
View Item