MANAJEMEN TATA KELOLA CAPTIVE PORTAL HOTSPOT MIKROTIK DI DESA TUBAN KARANGANYAR

UTAMA, Dian Traditya Putra (2020) MANAJEMEN TATA KELOLA CAPTIVE PORTAL HOTSPOT MIKROTIK DI DESA TUBAN KARANGANYAR. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_170204007.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB)

Abstract

MANAJEMEN TATA KELOLA CAPTIVE PORTAL HOTSPOT MIKROTIK DI DESA TUBAN KARANGANYAR
Oleh :
Dian Traditya Putra Utama
170204007
Kantor Kepala Desa Tuban merupakan sebuah instansi yang menggunakan jaringan internet sebagai salah satu penunjang kebutuhan kerja. Saat ini akses internet lebih mengarah pada jaringan wireless daripada penggunaan internet melalui kabel. Wireless memudahkan user untuk mengakses internet dimanapun selama masih dalam jangkauan area wireless. Akan tetapi terdapat permasalahan dimana pembatasan user masih belum sempurna dan belum adanya pembatasan bandwidth sehingga pembagian bandwidth belum merata dan belum diprioritaskan maka dibutuhkan sebuah manajemen hotspot yang dapat mengatur user dan bandwidth.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti ada dua yaitu untuk yang pertama metode pengumpulan data terdapat studi pustaka dan observasi. Yang kedua metode pengembangan sistem yang digunakan adalah tahapan penelitian yaitu analisis, desain, simulasi, implementasi, dan pengujian. Hasil dari penelitian ini nantinya dapat membagi jumlah bandwidth untuk dua user dimana koneksi internet akan diprioritaskan untuk user pegawai desa.
Kesimpulan dari manajemen pembagian jumlah bandwidth akan terbagi untuk dua user yaitu user pegawai dan user warga dengan prioritas utama user pegawai sehingga tidak mengganggu kinerja pegawai ketika tersambung pada jaringan hotspot.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 09 Apr 2021 04:46
Last Modified: 09 Apr 2021 04:46
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item