JEMURAN PAKAIAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DENGAN MENGGUNAKAN NOTIF ALARM SIRINE

JIBRAN, Alvin (2020) JEMURAN PAKAIAN OTOMATIS BERBASIS ARDUINO DENGAN MENGGUNAKAN NOTIF ALARM SIRINE. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_170204002.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (777kB)

Abstract

JEMURAN PAKAIAN OTOMATIS
BERBASIS ARDUINO
DENGAN MENGGUNAKAN NOTIF ALARM SIRINE

Oleh:
Alvin Jibran
170204002
Jemuran pakaian otomatis berbasis arduino yang dilengkapi dengan sensor cahaya, sensor air dan juga dilengkapi dengan menggunakan notif alarm sirine, yaitu adalah untuk supaya kita tidak perlu khawatir tentang pakaian yang berada di jemuran karena sudah dilindungi dengan sistem jemuran otomatis dimana jemuran akan otomatis masuk ketempat teduh jika intensitas cahaya ≤900cd dengan notif alarm sirine dan jemuran akan otomatis keluar jika intensitas cahaya ≥400cd.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian jemuran pakaian berbasis arduino dengan menggunakan notif alarm sirine adalah dengan metode studi pustaka (literatur) dan metode pengamatan (observasi). Untuk metode tahapan penelitian ini menggunkan metode prototyping yaitu analisa kebutuhan barang, desain, simuasi, mengkodekan sistem, Pengujian, Evaluasi, Menggunakan Sistem.
Hasil analisa dari jemuran pakaian otomatis berbasis arduino dengan menggunakan notif alarm sirine, yaitu alat akan bekerja sesuai perintah, dan akan terhenti bila perintah tidak sesuai. Misalnya cuaca siang (intensitas cahaya ≥400cd), jemuran akan keluar dengan sendirinya secara otomatis, bila cuaca malam (intensitas cahaya ≤400cd), jemuran akan masuk dengan sendirinya sesuai dengan perrintah. Bila cuaca hujan (intensitas cahaya ≤900cd), jemuran akan masuk dengan sendirinya ke tempat teduh. Pemanfaatan metode ini yaitu untuk meringankan pekerjaan rumah tangga, agar lebih mudah dan praktis saat kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.

Kata Kunci: Arduino, Jemuran Otomatis, Alarm Sirine.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 10 Apr 2021 01:58
Last Modified: 10 Apr 2021 01:58
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item