OPTIMALISASI KINERJA JARINGAN BERBASIS MIKROTIK DENGAN METODE FAILOVER DAN RECURSIVE GATEWAY DI MI MUHAMMADIYAH BULAKAN

ARIFIN, Nasrul (2020) OPTIMALISASI KINERJA JARINGAN BERBASIS MIKROTIK DENGAN METODE FAILOVER DAN RECURSIVE GATEWAY DI MI MUHAMMADIYAH BULAKAN. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_170204015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (591kB)

Abstract

OPTIMALISASI KINERJA JARINGAN BERBASIS MIKROTIK DENGAN METODE FAILOVER DAN RECURSIVE GATEWAY
DI MI MUHAMMADIYAH BULAKAN

Oleh:
Nasrul Arifin
170204015

MI Muhammadiyah Bulakan adalah sebuah Madrasah Ibtidaiyah yang menggunakan jaringan internet sebagai salah satu penunjang kebutuhan kerja. Internet membuat arus informasi dapat mengalir secara cepat untuk menunjang kegiatan para penggunanya. Akan tetapi dengan kualitas internet yang ada, dimana mungkin akan terjadi gangguan layanan internet dari ISP ke pengguna, membuat kegiatan – kegiatan akan terganggu. Maka dibutuhkan sebuah teknik yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah failover dan recursive gateway. Failover merupakan teknik yang menggunakan lebih dari satu gateway internet atau ISP, dimana salah satu link dapat dijadikan sebagai gateway utama dan yang lain akan menjadi link cadangan dan recursive gateway digunakan untuk mendifinisikan check-gateway dan membedakan nilai distance pada masing-masing rule routing.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan ada dua yaitu untuk pertama metode pengumpulan data terdapat studi pustaka dan observasi. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem yang digunakan adalah tahapan peneilitian yaitu analisis permasalahan, desain, simulasi, implementasi dan pengujian. Hasil dari penelitian ini nantinya dapat menjaga ketersediaan internet pada sebuah instansi, sehingga dapat menjaga produktifitas kinerja guru dan pegawai.
Kesimpulan dari pengguanaan metode failover dan recursive gateway dalam mengoptimalkan jaringan internet di MI Muhammadiyah Bulakan adalah. Untuk menjaga kinerja jaringan internet tetap terkoneksi secara optimal meskipun ISP utama mengalami down atau putus koneksi internet dan akan dipindah jalurkan ke ISP cadangan. Sehingga internet tetap berjalan dan arus informasi tetap dapat mengalir untuk menunjang kegiatan para penggunanya.

Kata Kunci : Router, Failover, Recursive Gateway, Internet, Jaringan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 10 Apr 2021 02:09
Last Modified: 10 Apr 2021 02:09
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item