PROTOTYPE PINTU PAGAR GESER OTOMATIS BERBASIS FINGERPRINT SENSOR DAN MIKROKONTROLLER PROTOTYPE PINTU PAGAR GESER OTOMATIS BERBASIS FINGERPRINT SENSOR DAN MIKROKONTROLLER

AMALIA, Monica Meilani (2020) PROTOTYPE PINTU PAGAR GESER OTOMATIS BERBASIS FINGERPRINT SENSOR DAN MIKROKONTROLLER PROTOTYPE PINTU PAGAR GESER OTOMATIS BERBASIS FINGERPRINT SENSOR DAN MIKROKONTROLLER. Diploma thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_170204014.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (497kB)

Abstract

PROTOTYPE PINTU PAGAR GESER OTOMATIS BERBASIS FINGERPRINT SENSOR DAN MIKROKONTROLLER

Oleh:
Monica Meilani Amalia
170204014

Pagar merupakan bagian terpenting dalam keamanan rumah atau suatu bangunan. Pagar manual memerlukan operator untuk dapat membuka dan menutupnya sehingga tidak efektif dan effisien. Permasalah tersebut dapat diatasi dengan sistem otomatis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype pintu pagar geser otomatis berbasis fingerprint sensor dan mikrokontroller. Penelitian ini berupa analisis kebutuhan alat, mendesain, implementasi, dan pengujian prototype tersebut. Pagar yang dibuat memiliki spesifikasi 50cm x 20cm, panjang lintasan 17cm, dan diameter roda 5cm, dan sensor fingerprint yang digunakan bertype Sensor Fingerprint FPM10A dan untuk tegangannya sebesar 10 volt. Pengendalian prototype ini berbasis sensor fingerprint, sensor fingerprint berfungsi sebagai penerimaan perintah disaat sidik jari tertempel pada fingerprint maka sensor fingerprint tersebut mengirimkan proses ke mikrokontroller Arduino Uno dan menghasilkan keluaran motor servo akan berputar dan menggeser pagar tersebut. Pagar digerakkan oleh motor servo yang dihubungkan dengan tali penghubung yang dikaitkan pada servo dan pagar. Sehingga saat sidik jari yang ditempelkan pada sensor fingerprint tidak sesuai maka motor servo tidak akan berputar dan pintu akan tetap menutup. Maka dapat disimpulkan bahwa alat ini akan bekerja sesuai perintah yang dimasukkan oleh pengguna.

Kata kunci : Arduino Uno, Fingerprint Sensor, Pagar, Motor Servo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 - Teknik Komputer
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 10 Apr 2021 02:25
Last Modified: 10 Apr 2021 02:25
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item