PROTOTYPE SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPAREPART MOBIL PADA BENGKEL ADAMAS SUKOHARJO

WIJAYA, Ikhwan Fata (2020) PROTOTYPE SISTEM INFORMASI PENJUALAN SPAREPART MOBIL PADA BENGKEL ADAMAS SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_130101012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (764kB)

Abstract

PROTOTYPE SISTEM INFORMASI PENJUALAN MOBIL PADA BENGKEL ADAMAS SUKOHARJO

Oleh :
IKHWAN FATA WIJAYA
130101012

Bengkel Adamas adalah salah satu bengkel yang terdapat di kabupaten Sukoharjo. Sistem penjualan dan pelayanan servis kepada pelanggan, perusahaan melakukan secara konvensional, yaitu pencatatan penjualan barang dan servis mobil dengan menulis dalam buku besar. Pelanggan datang untuk membeli barang, kemudian bagian penjualan atau kasir mencatat penjualan dalam buku besar lalu membuat nota yang akan diberikan kepada pelanggan. Ketika Suplier mengirim barang, petugas juga hanya menulis daftar barang dalam buku besar. Oleh karena itu dikembangkannya Sistem Informasi Penjualan Sparepart Dan Pelayanan Servis Mobil Pada Bengkel Adamas Sukoharjo.
Tujuan Penelitian ini adalah dapat membangun sistem informasi penjualan sparepart dan pelayanan servis mobil pada Bengkel Adamas Sukoharjo. Pengembangan sistem menggunakan metode Prototype dan Pemodelan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Analisis Sistem menggunakan analisis PIECES (Performance, Information, Economy, Control, Efficiency, Service).
Hasil Penelitian adalah Dibangunnya Sistem Informasi Penjualan Sparepart dan Pelayanan Servis Mobil pada Bengkel Adamas Sukoharjo menggunakan bahasa pemrograman Java 8.0 dan Database MySQL. Hak akses untuk admin yaitu mengelola data admin, data barang, transaksi pembelian dan penjualan barang serta pembuatan laporan. Hak akses untuk kasir yaitu mengelola data penjualan dan pelayanan servis mobil dan mencetak nota pembayaran. Data yang dihasilkan yaitu data admin, data barang, data montir, data suplier. Proses Transaksi meliputi transaksi pembelian barang, transaksi penjualan barang, transaksi servis mobil. Laporan yang dihasilkan berupa laporan pembelian barang, laporan penjualan barang, laporan pembelian barang.Hasil Pengujian sistem menggunakan blackbox testing yaitu semua fungsi aplikasi dapat dijalankan dengan baik.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Penjualan, sparepart, pelayanan, Waterfall, UML, PIECES, Java 7.0, MySQL, blackbox testing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 10 Apr 2021 02:35
Last Modified: 10 Apr 2021 02:50
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/196

Actions (login required)

View Item View Item