APLIKASI PENYEDIA AIR MINUM DAN SANITASI MASYARAKAT DUKUH TENGKLIK BERBASIS ANDROID

TRIHADMOJO, Katon Bayu (2020) APLIKASI PENYEDIA AIR MINUM DAN SANITASI MASYARAKAT DUKUH TENGKLIK BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_130101137.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (632kB)

Abstract

APLIKASI PENYEDIA AIR MINUM DAN SANITASI MASYARAKAT DUKUH TENGKLIK BERBASIS ANDROID

Oleh:
KATON BAYU TRIHADMOJO
130101137

Pelaksanaan Program Pamsimas Tahun 2008-2015 telah berhasil meningkatkan jumlah warga miskin perdesaan dan peri-urban yang dapat mengakses pelayanan air minum dan sanitasi, serta meningkatkan nilai dan perilaku hidup bersih dan sehat melalui upaya pemberdayaan masyarakat. Program Pamsimas adalah salah satu program andalan Pemerintah di dalam penyediaan air bersih dan sanitasi bagi masyarakat perdesaan melalui pendekatan berbasis masyarakat. Dukuh Tengklik merupakan salah satu wilayah yang telah membangun dan memanfaatkan pamsimas sebagai sumber penyedia air bagi kebutuhan warganya. Namun masih rentan terjadi kesalahan dalam pencatatan tagihan air karena hanya dicatat dalam buku tagihan yang dibawa oleh petugas pamsimas, selain itu belum menggunakan kuitansi pembayaran, sehingga sering mengakibatkan kesalahpahaman antara warga dan petugas pamsimas.
Oleh karena itu penulis merasa perlu adanya suatu layanan informasi pamsimas berbasis android, sehingga masyarakat dapat dengan mudah mengontrol serta mengawasi penggunaaan pamsimas yang dapat diakses melalui smartphone. Dalam penelitian ini digunakan metode prototype karena dengan metode ini aplikasi Pamsimas dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dalam melihat arus data yang terjadi serta hubungan dengan data yang satu dengan yang lainnya. Pada tahap ini penulis menggunakan Unified Modeling Language (UML) sebagai ilustrasi atau penggambaran proses pada aplikasi Pamsimas Sumber Makmur.. UML ini meliputi Use Case Diagram, Use Case Scenario, Activity Diagram, dan Class Diagram.
Pengujian aplikasi dilakukan dengan dua tahap yaitu dengan menggunakan metode black box dan pengujian user Pengujian black box ini menggunakan beberapa kasus guna mengecek aplikasi apakah telah berjalan dengan baik, dalam pengujian black box Kasus dan hasil pengujian Aplikasi dan Kasus dan pengujian aplikasi pelanggan. Hasil pengujian black box dinyatakan berhasil semua maka aplikasi pamsimas tengklik ini dapat dijalankan sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian kedua yaitu secara objektif sampel yang diambil sebanyak 2 kategori responden, yaitu 10 pelanggan, dan 1 admin. Dari hasil pengujian obyektif yang dilakukan oleh 10 pelanggan makan dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat membantu dalam mengecek tagihan pamsimas sumber makmur Dukuh Tengklik dengan presentasi nilai 70 % akan tetapi aplikasi belum seperti yang diharapkan dengan presentasi nilai yang sesuai hanya 50 %.
Kata Kunci: Pamsimas, Aplikasi,Prototype,Unified Modeling Language, Black box.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 10 Apr 2021 03:06
Last Modified: 10 Apr 2021 03:06
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/198

Actions (login required)

View Item View Item