RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM MANDIRI BERBASIS WEB DI MANTUNG SANGGRAHAN SUKOHARJO

SAPUTRA, Rian Fajar (2020) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM MANDIRI BERBASIS WEB DI MANTUNG SANGGRAHAN SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_130101144.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (647kB)

Abstract

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMINJAMAN PADA
KOPERASI SIMPAN PINJAM MANDIRI BERBASIS WEB
DI MANTUNG SANGGRAHAN SUKOHARJO

Oleh ;
Rian Fajar Saputra
130101144

Koperasi Simpan Pinjam Mandiri Mantung Sanggrahan Sukoharjo membutuhkan adanya sistem pada proses bisnis bejalan dikarenakan pada sistem peminjamannya sendiri masih dilakukan secara manual yaitu dengan menggunakan Microsoft Excel mulai dari pengajuan pinjaman, pembayaran angsuran sampai penyimpanan data-data yang berkaitan dengan peminjaman sampai dengan pembuatan laporan, sehingga pada saat merekap data pinjaman masih sering terjadi kesalahan pencatatan, Kehadiran sistem informasi peminjaman koperasi simpan pinjam ini membantu dan mempermudah dalam pemrosesan data pinjaman, angsuran dan pembuatan laporan.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan peneliti membaginya menjadi dua yaitu untuk yang pertama adalah metode pengambilan data tedapat observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem menggunakan metode prototype, terdapat analisa kebutuhan dengan menggunakan Flow Map, Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD) dan terakhir adalah testing yang menggunkan teknik black box.
Hasil dari aplikasi ini adalah website sistem informasi peminjaman koperasi simpan pinjam yang berisi halaman anggota dengan fitur menambah, mengubah, dan menghapus data anggota, kemudian halaman transaksi dengan fitur menambah pinjaman setiap anggota dan menambah data angsuran setiap pinjaman anggota, yang terakhir halaman laporan yang berisi fitur cetak data laporan anggota, pinjaman dan angsuran. Berdasarkan hasil pengujian secara blackbox testing sistem secara lancar dapat menambah mengubah menghapus data admin dan data anggota serta menambah data pinjaman dan angsuran kemudian dapat menghasilkan output laporan yang dibutuhkan.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Koperasi, Website, Prototype

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 10 Apr 2021 03:11
Last Modified: 10 Apr 2021 03:11
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item