RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL PADA VICSTORE COMPUTER

NUGROHO, Victor Yulianto (2020) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL PADA VICSTORE COMPUTER. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_130101339.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (547kB)

Abstract

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN MENGGUNAKAN PHP DAN MYSQL
PADA VICSTORE COMPUTER

Oleh:
Victor Yulianto Nugroho
130101339

Vicstore Computer adalah tempat usaha yang ada di kota Surakarta Jawa Tengah yang bergerak dalam bidang penjualan barang elektronik, sparepart laptop, gadget, kamera dan aksesories komputer yang berdiri sejak tahun 2015. Vicstore Computer berusaha memenuhi kebutuhan konsumen dengan memperlengkap jenis barang yang dijual, namun dalam menjalankan usahanya, pihak Vicstore Computer masih menggunakan cara manual dalam pencatatan transaksi penjualan. Karyawan Vicstore Computer harus menuliskan apa saja yang dibeli oleh pembeli di buku pencatatan transaksi dan nota penjualan, mereka harus mengupdate data secara manual ketika barang atau produk tersebut laku terjual.
Tujuan rancang bangun sistem informasi penjualan ini adalah untuk menghasilkan sebuah program penjualan yang mampu mengelola data penjualan menggantikan sistem yang lama yang masih berjalan manual, agar memudahkan administrasi dalam melakukan pengelolaan data-data penjualan yang terkomputerisasi dan juga memudahkan tempat usaha ini menyediakan laporan langsung kepada manager dalam hal ini pemilik toko. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode pengambilan data terdapat observasi, wawancara, studi kepustakaan. Yang kedua adalah metode pengembangan sistem menggunakan metode SDLC (System Develpoment Life Cycle), terdapat analisa kebutuhan sistem dengan menggunakan analisa pieces, dimana terdapat workflow sistem, hyrarchy chart, activity diagram, context diagram, data flow diagram dan terakhir adalah testing yang menggunkan teknik black box.
Hasil dari sistem ini dari segi pengguna kasir, sistem dapat digunakan oleh bagian penjualan untuk melakukan aktifitas pengolahan data penjualan termasuk dalam pembuatan nota transaksi penjualan, sedangkan di bagian admin keuangan dapat melakukan pengelolaan stok barang, transaksi pembelian serta mempermudah dalam membuat laporan dalam bentuk file dokumen. Hasil pengujian menggunakan metode black box didapat kan bahwa program aplikasi berjalan sesuai apa yang diharapkan, dan berdasarkan hasil pengujian dengan kasus black box dapat ditarik kesimpulan bahwa perangkat lunak dapat mengetahui fungsi-fungsi yang tidak benar atau hilang, kesalahan interface, kesalahan dalam struktur data atau akses database , kesalahan kinerja dan kesalahan secara fungsional.

Kata Kunci: Sistem Informasi, Penjualan, SDLC, PHP, MySQL

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 10 Apr 2021 03:52
Last Modified: 10 Apr 2021 03:52
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item