PENERAPAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK MENGETAHUI MINAT PEMBELI DI TOKO FAZA BERBASIS WEB

AFRILIANTO, NANDA (2023) PENERAPAN ALGORITMA NAÏVE BAYES UNTUK MENGETAHUI MINAT PEMBELI DI TOKO FAZA BERBASIS WEB. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (477kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara pandang manusia dengan memberikan akses cepat dan akurat terhadap informasi. Sistem informasi berperan dalam mempermudah pekerjaan dan meningkatkan efisiensi waktu. Namun, sering kali kebutuhan informasi yang tinggi tidak selalu diimbangi dengan penyajian yang memadai, sehingga memerlukan pencarian data yang kompleks. Teknologi informasi digunakan untuk mengolah dan mempresentasikan data, termasuk dalam dunia bisnis di mana teknologi ini menjadi kunci keberhasilan kompetitif.

Penelitian ini berfokus pada toko Faza, yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari, namun masih menggunakan sistem konvensional dalam mengelola data penjualan. Dalam konteks ini, penelitian menerapkan teknik data mining dengan metode Algoritma Naïve Bayes untuk menganalisis minat pembeli. Kelebihan algoritma ini terletak pada tingkat akurasi dan kecepatannya dalam mengolah dataset yang besar.

Dengan memanfaatkan data penjualan, sistem ini membantu mengidentifikasi pola pembelian yang mendasari minat pembeli, memberikan wawasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian. Sehingga, sistem ini dapat dijadikan alat panduan dalam merencanakan stok produk pada masa depan, berkontribusi pada efisiensi dan kesuksesan toko Faza. Hasil dari pengujian sistem ini didapatkan akurasi yang cukup baik dan hasil pengujian user, user dapat menjalankan aplikasi dengan baik dan lancar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Naïve Bayes, Sistem informasi, Prediksi, Toko, Teknik data mining
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Teknik Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikom
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 05 Jan 2024 03:45
Last Modified: 05 Jan 2024 03:45
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2112

Actions (login required)

View Item
View Item