APLIKASI PEMBELAJARAN HUKUM BACAAN TAJWID BERBASIS MULTIMEDIA BAGI ANAK - ANAK TPQ (STUDI KASUS : TPQ AZ-ZAHRAH, SURAKARTA)

ADITAMA, Galih Pramanda (2020) APLIKASI PEMBELAJARAN HUKUM BACAAN TAJWID BERBASIS MULTIMEDIA BAGI ANAK - ANAK TPQ (STUDI KASUS : TPQ AZ-ZAHRAH, SURAKARTA). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_150101101.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (720kB)

Abstract

APLIKASI PEMBELAJARAN HUKUM BACAAN TAJWID BERBASIS MULTIMEDIA BAGI ANAK – ANAK TPQ STUDI KASUS TPQ
AZ - ZAHRAH SURAKARTA

Galih Pramanda Aditama
150101101

Kurangnya pemahaman hukum bacaaan tajwid Al Qur’an merupakan permasalahan yang dialami oleh beberapa anak – anak TPQ Az-Zahrah. Hal ini dikarenakan metode belajar yang diterapkan pengajar masih belum optimal. Untuk menunjang proses belajar hukum bacaan tajwid, perlu adanya sebuah media pendukung yaitu aplikasi pembelajaran hukum bacaan tajwid berbasis multimedia. Pada aplikasi tersebut berisi sebuah materi penjelasan singkat tentang hukum bacaaan tajwid yang divisualisasikan dalam bentuk text dan animasi dengan beberapa sub materi yang terdiri dari : hukum nun sukun dan tanwin, mim sukun, lam ta’rif, dan qalqalah.
Untuk tahap perancangan dan analisis pada aplikasi pembelajaran ini menggunaakan metode multimedia development life cycle yang dikemukakan oleh bapak Luther Sutopo yang meliputi beberapa tahap antara lain : konsep (concept), desain (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan distribusi (distribution). Untuk piranti yang digunakan adalah Adobe Flash CS6.
Hasil akhir dari penelitian ini, bahwa dengan adanya aplikasi pembelajaran ini, anak – anak TPQ Az-Zahrah mampu memahami materi hukum bacaan tajwid Al Qur’an dengan tingkat persentasi sebesar 47,5 %.

Kata kunci : Hukum bacaan tajwid, Aplikasi pembelajaran, Multimedia
Development life cycle, Animasi, Multimedia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 12 Apr 2021 03:16
Last Modified: 12 Apr 2021 03:16
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/218

Actions (login required)

View Item View Item