Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Mojolaban Kabupaten Sukoharjo

ASTUTI, DITA YULY (2023) Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

ABSTRAK

EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO

Kepuasan merupakan tingkat perasaan dimana seseorang menyatakan hasil perbandingan atas kinerja produk atau jasa yang diterima dan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien dan mengetahui pengaruh karakteristik pasien pada tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Mojolaban Kabupaten Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan Instrumen SERVQUAL 5 dimensi yang terdiri dari bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan perhatian. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling dengan total 301 respoonden. Data penelitian yakni data primer yang diperoleh melaui kuisioner secara langsung pada pasien Instalasi Farmasi Puskesmas Mojolaban Kabupaten Sukoharjo.
Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Mojolaban Kabupaten Sukoharjo diperoleh hasil analisis gap dimensi daya tanggap sebesar 0,06 yang berarti sangat puas, dimensi kehandalan sebesar 0,00 yang berarti puas, dimensi jaminan sebesar 0,00 yang berarti puas, dimensi perhatian sebesar 0,00 yang berarti pasien puas, dimensi bukti fisik sebesar 0,02 termasuk dalam kategori puas, dari kelima dimensi tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Mojolaban Sukoharjo Kabupaten Mojolaban ialah sangat puas. Uji statistik karakteristik responden menggunakan analisis chi-square tests didapatkan hasil pada karakteristik usia nilai p value sebesar 0,010 kurang dari 0,05 pada karakteristik jenis kelamin didapatkan nilai P value sebesar 0,000 kurang dari 0,05, Pendidikan diperoleh nilai P value sebesar 0,00 kurang dari 0,05 dan pekerjaan diperoleh nilai P value sebesar 0,007 kurang dari 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: tingkat kepuasan, karakteristik responden, SERVQUAL, analisis GAP, Chi-square, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 - Farmasi
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 16 Oct 2023 02:28
Last Modified: 16 Oct 2023 02:28
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2200

Actions (login required)

View Item
View Item