SISTEM INFORMASI LAUNDRY BERBASIS WEB PADA CV. DINAR LAUNDRY SUKOHARJO

HENDRANI, Novem Subekti (2020) SISTEM INFORMASI LAUNDRY BERBASIS WEB PADA CV. DINAR LAUNDRY SUKOHARJO. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository 150101178.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (656kB)

Abstract

SISTEM INFORMASI LAUNDRY BERBASIS WEB
PADA CV. DINAR LAUNDRY SUKOHARJO

CV Dinar Laundry adalah sebuah badan usaha di bidang jasa pencucian pakaian, sepatu, boneka, dan kerpet dengan mengguanakan mesin cuci dan dirapikan dengan setrika uap yang beralamat di Gedangan, Grogol. Sukoharjo. Dengan kenaikan jumlah pelanggan yang datang semakin meningkat menyebabkan proses pengolahan data menjadi lamban. Menyebabkan pendataan keuangan terlalu lama karena proses pengerjaan data membutuhkan waktu yang lama. Ada pula sering terjadi kesalahan dalam penulisan harga jasa, total biaya laundry, banyaknya jumlah pelanggan, serta penyimpanan laporan pembukuan.
Sistem informasi laundry berbasis web ini menggunakan metode waterfall biasanya disebut juga dengan Software Development Life Cycle (SDLC) dengan tipe waterfall (air terjun) dalam konsep yang sistematis dan bersifat sekuensial. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang dan membuat sistem informasi laundry yang dapat menyelesaikan masalah yang terjadi pada CV Dinar Laundry.
Hasil dari pengujian blackbox sistem informasi CV Dinar Laundry dapat diterima sesuai dengan harapan user/pelanggan dengan dilakukannya pengujian terhadap pelanggan di CV Dinar Laundry melalui kuisoner diperoleh hasil berikut : Kuisoner No 1 dengan hasil 35 Pelanggan memilih Membantu dengan presentase 70%, 14 Pelangganmemilih Cukup Membantu dengan persentase 28% dan 1 Pelanggan Memilih Tidak dengan persentase 2%. Kuisoner No 2 dengan hasil 25 Pelangganmemilih mudah dengan persentase 50%, 20 Pelanggan memilih Cukup Mudah dengan persentase 40% dan5 Pelangga memilih Sulit dengan persentase 10%. Kuisoner No 3 dengan hasil 18 Pelanggan memilih Bagus dengan persentase 36%, 20 Pelanggan memilih Cukup Bagus dengan persentase 40% dan12 Pelanggan memilih Tidak dengan persentase 24%. Kuisoner No 4 dengan hasil 29 Pelanggan memilih Mudah dengan persentase 58%, 16 Pelangganmemilih Cukup Mudah dengan persentase 32% dan 5 Pelanggan memilih Sulit dengan persentase 10%. Kuisoner No 5 dengan hasil 34 Pelanggan memilih senang dengan persentase 58%,13 Pelanggan memilih Cukup Senang dengan persentase 26% dan 3 Pelanggan memilih Tidak dengan persentase 6%.

Kata Kunci :Sistem Informasi, Website, Laundry.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 12 Apr 2021 04:01
Last Modified: 12 Apr 2021 04:01
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/223

Actions (login required)

View Item View Item