SISTEM INFORMASI ELEKTRONIK INVENTORY DENGAN METODE FORECASTING BERBASIS WEB PADA UKM BUDI BRIKET KELURAHAN KWARASAN

ADIB, - (2020) SISTEM INFORMASI ELEKTRONIK INVENTORY DENGAN METODE FORECASTING BERBASIS WEB PADA UKM BUDI BRIKET KELURAHAN KWARASAN. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
repository_160101007.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB)

Abstract

SISTEM INFORMASI ELEKTRONIK INVENTORY DENGAN METODE FORECASTING BERBASIS WEB PADA UKM BUDI BRIKET KELURAHAN KWARASAN

Oleh :
Adib 160101007
Program Studi Sistem Informasi

ABSTRAK

Usaha Kecil Menengah (UKM) Budi Biket Kelurahan Kwarasan merupakan salah satu usaha kecil menengah yang bergerak dibidang pengolahan Briket dari batok kelapa yang yang mengembangkan diri dengan cara mengoptimalkan pengelolaan persediaan gudang, salah satunya yaitu gudang (Inventory) Surat Perjalanan Dinas. Pengolahan data persediaan gudang untuk proses perhitungan stok produksi saat ini masih belum menggunakan perhitungan secara otomatis, maka dengan adanya sistem informasi E-Inventory bertujuan untuk mengatur stok bahan baku dan stok barang produksi yang akan menentukan biaya estimasi berdasarkan ketentuan anggaran usaha. Metode yang digunakan pada pengembangan sistem ini yaitu dengan dan prototype model yang terdiri dari 5 tahap (meliputi: komunikasi, perencanaan, pemodelan, pembentukan prototype dan penyerahan sistem). Sistem yang dibuat berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sistem yang dibuat dapat melakukan perhitungan stok bahan baku dan stok barang produksi yang sesuai dari anggaran usaha kelurahan Kwarasan untuk estimasi pada awal produksi dan bahan baku dan biaya riil ketika selesai melakukan produksi pembuatan briket. Sistem yang dibuat juga dapat memberikan informasi realisasi produksi secara visual grafik.

Membuat Aplikasi E inventory Berbasis Web dengan menggunakan PHP dan Mysql untuk UKM Budi Briket Kelurahan Kwarasan.
Dengan munculnya permasalahan diatas, kita dapat membuat suatu pemecahan masalah dengan meramalkan pembeliaan barang untuk bulan selanjutnya dengan menggunakan metode pengolahan data seperti single moving average jika perhitungan yang dihasilkan stasioner, dan jika data perhitungan tersebut non stasioner.

Kesimpulan terhadap pembangunan Sistem informasi E Inventory berbasis web pada UKM Budi Briket Kelurahan Kwarasan untuk membantu pencatatan dan pengelolaan stok barang produksi UKM menjadi lebih efisien dan terorganisir menggunakan sistem.
Kata Kunci : Sistem Informasi E-Inventory, Usaha Kecil Menengah, PHP

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:04
Last Modified: 20 Apr 2021 02:04
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/234

Actions (login required)

View Item View Item