SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS BERBASIS WEB PADA KLINIK DHANANG HUSADA

HESTIANA, Dewi (2020) SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS BERBASIS WEB PADA KLINIK DHANANG HUSADA. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160101012.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (675kB)

Abstract

SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS BERBASIS WEB PADA KLINIK DHANANG HUSADA

Oleh :
Dewi Hestiana
160101012

Klinik Dhanang Husada merupakan salah satu dari sekian banyak klinik yang berada di Sukoharjo, tepatnya di Dusun II, Langenharjo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552. Adapun masalah yang dihadapi di klinik ini yaitu pencatatan rekam medis membutuhkan banyak tempat dan terbatas dalam penyimpanan, membutuhkan banyak waktu untuk mencari data rekam medis pasien ketika pasien datang, tidak dapat mengkoordinir dengan cepat apabila data ingin dianalisis sehingga mengakibatkan kurangnya efisiensi dalam memberikan pelayanan yang cepat dan pengolahan data menjadi informasi yang dibutuhkan .

Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian yang didapatkan melalui kegiatan wawancara dengan subjek penelitian dan dengan observasi atau pengamatan langsung di Klinik Dhanang Husada dan menggunakan pengembangan sistem waterfall yang meliputi analisis dan definisi persyaratan, perancangan sistem, implementasi, pengujian sistem, operasi dan pemeliharaan. Alat bantu perancangan menggunakan UML (Unifield Modelling Language). Menggunakan database MySQL dengan bahasa pemrograman PHP dan Laravel. Analisis kelemahan sistem menggunakan PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service).
Hasil penelitian menyatakan sistem informasi rekam medis berbasis web pada klinik yang terdiri dari data master, transaksi data,dan laporan pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan pengujian black box yang mampu berjalan dengan baik sesuai dengan skenario uji serta alur proses yang telah dibangun.

Kata kunci: sistem, rekam medis, klinik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 20 Apr 2021 02:52
Last Modified: 20 Apr 2021 02:52
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item