RANCANG BANGUN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN OBAT PADA BIDANG FARMASI BERBASIS MOBILE (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta)

REZEKI, Gosentri (2020) RANCANG BANGUN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN OBAT PADA BIDANG FARMASI BERBASIS MOBILE (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta). Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[img] Text
Repository_160101017.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (754kB)

Abstract

RANCANG BANGUN AUGMENTED REALITY (AR) UNTUK PENGENALAN OBAT PADA BIDANG FARMASI BERBASIS MOBILE (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta)
Oleh :
Gosentri Rezeki (160101017)

Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Duta Bangsa Surakarta adalah satu Fakultas dari 4 (empat) Fakultas yang dimiliki Universitas Duta Bangsa Surakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan saat ini memiliki 5 (lima) prodi yakni : Kebidanan, Keperawatan, Rekam Medik & Infokes, Administrasi Rumah Sakit dan Farmasi. Fokus pada penelitian ini sendiri adalah pada prodi Farmasi yang merupakan prodi yang lebih berfokus tentang obat-obatan, proses belajar-mengajar pada prodi Farmasi sendiri masih meggunakan sistem belajar ruang yakni pada ruang kelas dan laboratorium dan waktu belajar mahasiswa juga terbatas sehingga perlu adanya sarana penunjang bagi mahasiswa untuk bisa tetap belajar kapanpun dan dimanapun seperti aplikasi augmented reality pengenalan obat ini sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai sarana dalam membantu mahasiswa dalam mengenal obat.
Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem SDLC (software development life cycle) yang meliputi : analisis, perancangan, proses, pengujian dan perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language). Aplikasi dibuat menggunakan Unity 3D dengan software SDK Vuforia sedangkan analisis kelemahan sistem menggunakan PIECES (Performance, Information, Economic, Control, Efficiency, Service).
Hasil dari penelitian ini adalah sekitar 80% aplikasi dapat berjalan secara maksimal sehingga dapat dikatakan layak untuk digunakan oleh pengguna (user), serta untuk mendeteksi marker juga sudah bersifat auto focus sehingga marker langsung terdeteksi dan langsung menampilkan objek 3D dengan sempurna. Aplikasi augmented reality untuk pengenalan obat pada bidang farmasi berbasis mobile ini juga dapat digunakan dimana saja dan kapan saja.

Kata kunci : Obat, Augented Reality, Unity 3D, Mobile

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > S1 - Sistem Informasi
Depositing User: Perpustakaan Fikom
Date Deposited: 20 Apr 2021 03:44
Last Modified: 20 Apr 2021 03:44
URI: http://eprints.udb.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item