Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pelayanan BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Pajang Surakarta Tahun 2022

SUWONDO, INTAN (2023) Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pelayanan BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Pajang Surakarta Tahun 2022. Other thesis, Universitas Duta Bangsa Surakarta.

[thumbnail of Cover dan Abstrak.pdf] Text
Cover dan Abstrak.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Artikel Publikasi.pdf] Text
Artikel Publikasi.pdf - Preview
Restricted to Registered users only

Download (457kB)

Abstract

Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Sistem Pelayanan Pendaftaran Pasien BPJS Rawat Jalan di Puskesmas Pajang Tahun 2023

Puskesmas Pajang Surakarta memiliki pelayanan pendaftaran rawat jalan pasien BPJS yang mana berdasarkan survei pendahuluan pasien BPJS masih kurang puas terhadap pelayanan pendaftaran serta pelayanannya yang tidak buka tepat waktu sehingga pasien BPJS harus menunggu lama dalam mendapatkan pelayanan. Puskesmas Pajang Surakarta belum pernah dilakukan penelitian tinjauan kepuasan pasien BPJS terhadap sistem pelayanan pendaftaran pasien BPJS rawat jalan, sehingga belum diketahui apakah pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas sudah merasa puas atau belum terhadap pelayanan BPJS yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kepuasan pasien terhadap Sistem pelayanan Pendaftaran Pasien BPJS rawat jalan berdasarkan dimensi.
Penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh pasien BPJS pendaftaran pasien rawat jalan di Puskesmas Pajang Surakarta pada tahun 2022 berjumlah 6200 pasien. Sampeldalam penelitian ini adalah 100 pasien BPJS. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa pedoman observasi, pedoman wawancara, dan kuesioner.
Hasil penelitian ini adalah tingkat kepuasan pasien BPJS di tempat pelayanan pendaftaran rawat jalan Puskesmas Pajang Surakarta tahun 2023 berdasarkan dimensi reliability (kehandalan) sebagian besar pasien BPJS merasa puas. Tingkat kepuasan pasien BPJS berdasarkan dimensi tangibles (berbentuk fisik) sebagian besar pasien BPJS merasa puas. Tingkat kepuasan pasien BPJS berdasarkan dimensi emphaty (empati) sebagian besar pasien BPJS merasa puas. Tingkat kepuasan pasien BPJS berdasarkan dimensi responsiveness (cepat tanggap) sebagian besar pasien BPJS merasa puas. Tingkat kepuasan pasien BPJS berdasarkan dimensi assurance (jaminan) sebagian besar pasien merasa puas.
Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan penilaian responden adalah sistem pelayanan pendaftaran rawat jalan di puskesmas pajang Surakarta dikategorikan baik. Sebaiknya petugas pendaftaran mempertahankan fasilitas kenyamanan pasien dan meningkatkan kehandalan dalam pelayanan pendaftarandi puskesmas pajang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kepuasan, pendaftaran rawat jalan, BPJS
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > D3 - Rekam Medis dan Informatika
SWORD Depositor: Perpustakaan Fikes
Depositing User: Perpustakaan Fikes
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:08
Last Modified: 26 Oct 2023 02:08
URI: https://eprints.udb.ac.id/id/eprint/2532

Actions (login required)

View Item
View Item